Wujud Android untuk Feature Phone Terungkap

Wujud Android untuk Feature Phone Terungkap

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 03 Agu 2021 21:45 WIB
Android for Feature Phones
Wujud Android untuk Feature Phone Terungkap (Foto: Screenshot/YouTube Hikari Calyx)
Jakarta -

Pada April 2019, Google diketahui sedang mengembangkan proyek 'Android for Feature Phones' yang dirancang untuk pasar negara berkembang seperti India. Proyek tersebut dibatalkan sebelum sempat resmi dirilis, dan wujudnya baru terungkap belum lama ini.

Saat itu Google menguji coba Android untuk feature phone di ponsel Nokia. Kini ponsel Nokia 400 yang menjalankan Android for Feature Phone terkuak berkat video hands-on di akun YouTube Hikari Calyx.

Karena wujudnya merupakan feature phone, hardware Nokia 400 ini tidak begitu mengesankan. Ponsel ini memiliki layar yang kecil, keyboard T9, satu kamera belakang dan kamera depan, headphone jack 3,5mm dan microUSB.

Begitu ponsel tersebut dinyalakan, terlihat logo Google Assistant yang diburamkan. Setelah itu terlihat lock screen yang mirip seperti yang ada di ponsel Android versi polos.

Logo Assistant kembali muncul saat proses setup, yang memastikan bahwa ponsel feature ini menggunakan sistem operasi Android. Setelah proses setup selesai, terlihat home screen yang dihiasi dengan ikon YouTube, Google Chrome, dan lain-lain.

Menu quick settings juga memperlihatkan toggles untuk pengaturan seperti Wi-Fi, data, Bluetooth, senter, volume dan do not disturb. Aplikasi Settings yang ada di ponsel juga terlihat mirip seperti yang ada di Android, bahkan ikon yang digunakan pun mirip.

Di dalam app drawer terdapat beberapa aplikasi dari Airtel, yang menunjukkan bahwa ponsel ini dirancang untuk konsumen di India. Ada juga aplikasi dasar seperti kalkulator, kalendar, kontak, galeri, pesan, dan lain-lain.

Ponsel Nokia ini juga memiliki game seperti game dinosaurus Chrome, Proxx dan tentu saja Snake. Aplikasi WhatsApp juga tersedia di ponsel ini.

Saat menelusuri menu Settings-nya, terungkap bahwa ponsel Nokia ini menjalankan sistem operasi yang berbasis Android 8.1 dan memiliki RAM 512 MB, seperti dikutip dari 9to5Google, Selasa (3/8/2021).

Tidak diketahui mengapa Google dan HMD Global selaku pemegang merek Nokia membatalkan proyek Android for Feature Phones. Google sendiri kemudian memilih investasi di sistem operasi KaiOS yang saat ini cukup populer di India.

[Gambas:Youtube]






Simak Video "Deretan Ponsel yang Bisa Install Android 12"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)