Pixel 6 dan 6 Pro Diumumkan, Pakai Chip Tensor Buatan Google Sendiri

Pixel 6 dan 6 Pro Diumumkan, Pakai Chip Tensor Buatan Google Sendiri

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 03 Agu 2021 07:17 WIB
Google Pixel 6
Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Foto: dok Google
Jakarta -

Google secara mengejutkan mengumumkan Pixel 6 dan 6 Pro yang bocorannya sudah ramai wara-wiri di internet sejak lama. Kedua ponsel ini ditenagai chipset Tensor buatan Google sendiri, sensor kamera dan desain baru.

Tensor dirancang sendiri oleh Google, meski produksinya mungkin dilakukan oleh pihak ketiga. Ini mirip iPhone yang menggunakan chipset yang dirancang oleh Apple, tapi produksinya dilakukan oleh TSMC.

Sayangnya raksasa pencarian internet itu tidak memberikan detail soal chipset barunya ini. Hanya memastikan Tensor akan membuat Pixel 6 dan 6 Pro lebih cepat, makin pintar dan paling aman dari sebelumnya.

Salah satu yang menonjol adalah kemampuan AI dan machine learning. Dua alasan ini pula kenapa Google akhirnya mau berinvestasi merancang chipsetnya sendiri, sehingga mereka bisa mengimplementasikan AI dan machine learning dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh chipset yang tersedia di pasaran.

Kedua fitur tadi akan dimanfaatkan oleh sistem kamera baru pada PIxel 6 dan Pixel 6 Pro. Kedua ponsel ini sendiri punya kamera dengan komposisi lensa wide dan ultra-wide.

Google Pixel 6Pixel 6 mengunakan chipset Tensor rancangan Google sendiri. Foto: dok Google

Khusus versi Pixel 6 Pro akan ada kamera telephoto dengan 4x zoom optik. Sepertinya Google mengadopsi lensa periskop sesuai dengan bocoran yang beredar sebelumnya.

Google tampaknya telah meningkatkan kemampuan perekaman video. Laporan awal mengungkap bahwa Pixel 6 dan 6 Pro menangkap video berkualitas serupa atau bahkan lebih baik daripada iPhone 12 Pro Max.

Namun yang pasti perusahaan yang bermarkas di Mountainview ini membekali dua ponselnya menggunakan sensor dan lensa yang telah ditingkatkan sebelumnya. Lantaran ukurannya terlalu besar dari sebelumnya membuat Google menempatkannya pada modul horizontal yang menonjol di bagian belakang.

Google Pixel 6Google Pixel 6 Foto: dok Google

Bicara desainnya, Pixel 6 dan 6 Pro hadir dengan material dan finishing baru. Pixel 6 punya frame aluminum yang di-finishing matte, Pixel 6 Pro juga menggunakan aluminum namun hanya sedikit polesannya. Kedua ponsel punya lapisan kaca di bagian belakangnya.

Pixel 6 akan memiliki panel datar 90Hz sedangkan Pixel 6 Pro akan memiliki layar melengkung 120Hz. Keduanya akan memiliki kamera pelubang kertas tunggal di bagian atas.

Keduanya akan menjalankan Android 12 saat diluncurkan. Untuk fitur dan spesifikasi lengkapnya, Google baru akan membeberkan saat peluncuran Pixel 6 dan 6 Pro pada Oktober mendatang.



Simak Video "Fitur-fitur Terbaru di Android 12"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)