Pengguna Android Jadul Tak Akan Bisa Akses Google Mulai 27 September

Pengguna Android Jadul Tak Akan Bisa Akses Google Mulai 27 September

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 02 Agu 2021 12:35 WIB
Android Gingerbread
Pengguna Android Jadul Tak Akan Bisa Akses Google Mulai 27 September Foto: Internet
Jakarta -

Kabar buruk untuk pemilik ponsel yang masih menggunakan Android Gingerbread atau versi lebih lawas. Ponsel-ponsel ini tidak akan bisa dipakai untuk login ke akun dan layanan Google mulai 27 September 2021 mendatang.

Hal ini diumumkan langsung oleh Google lewat email yang dikirimkan ke pengguna yang masih menjalankan Android 2.3.7 (versi terakhir Gingerbread) dan versi lebih rendah. Itu mencakup Android 1.0, 1.1, 1.5 Cupcake, 1.6 Donut, 2.0 Eclair, 2.2 Froyo, dan 2.3 Gingerbread.

Setelah peraturan ini berlaku, pengguna yang masih menjalankan Android jadul tersebut tidak akan bisa login ke layanan Google seperti Gmail, YouTube dan Maps. Tapi layanan tersebut tetap bisa diakses lewat mobile web asalkan pengguna sudah login ke browser di ponsel.

"Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk menjaga keamanan pengguna, Google tidak akan lagi mengizinkan sign-in di perangkat Android yang menjalankan Android 2.3.7 atau lebih rendah mulai 27 September 2021," kata Google, seperti dikutip dari The Verge, Senin (2/8/2021).

"Jika Anda login ke perangkat setelah 27 September, Anda mungkin mendapatkan peringatan username atau password error ketika mencoba menggunakan produk dan layanan seperti Gmail, YouTube dan Maps," sambungnya.

  1. Lebih lanjut, pengguna Android yang terdampak kebijakan ini akan menerima peringatan username atau password error saat mencoba untuk:
  2. Menambahkan atau membuat akun Google baru
  3. Melakukan factory reset dan mencoba login
  4. Mengubah password akun Google, yang akan mengeluarkan akun di semua perangkat, dan mencoba login kembali
  5. Menghapus akun dari perangkat dan mencoba menambahkan kembali

Kebijakan baru ini seharusnya tidak mempengaruhi banyak pengguna Android, mengingat Gingerbread dan versi sebelumnya dirilis lebih dari 10 tahun yang lalu dan saat ini penggunanya hanya sedikit.

Tapi pengguna yang masih menjalankan Android Gingerbread atau versi sebelumnya disarankan untuk upgrade ke Android 3.0 Honeycomb jika masih ingin menggunakan ponsel Android jadulnya.

Google sendiri telah menghentikan dukungan update sistem operasi dan Play Store untuk Android Gingerbread sejak beberapa tahun yang lalu. Tapi kebijakan baru ini benar-benar menghilangkan fungsi dasar di ponsel Android lawas.



Simak Video "Kini Gmail Bisa Digunakan untuk Telepon dan Video Call"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)