Ikutan Android, Apple Pakai Fingerprint di Layar

Ikutan Android, Apple Pakai Fingerprint di Layar

Adi Fida Rahman - detikInet
Minggu, 01 Agu 2021 16:00 WIB
Fingerprint Bawah layar
Apple patenkan Touch ID di layar iPhone. Foto: Priyo
Jakarta -

Kabar iPhone 14 akan menghilangkan notch sepertinya bakal benar adanya. Apple akan menerapkan sensor fingerprint di layar seperti yang di Android saat ini.

Updaya tersebut diketahui dari paten yang diajukan Apple pada 27 Juli lalu. Mereka mematenkan Touch ID dan Face ID di layar sentuh yang akan jadi opsi verifikasi biometrik baru di iPhone.

Tak hanya Touch ID dan Face ID saja, kamera depan pun bakal disematkan di layar sentuh. Meski teknologi ini akan dikembangkan khusus untuk lini produk masa depannya.

Apple memang tidak memastikan kalau paten barunya ini akan dihadirkan di iPhone 14. Dalam dokumen yang diajukan dipaparkan bahwa desain iPhone saat ini memiliki sensor gambar di sebelah layar dari pada bagian darinya.

"Biasanya, sensor pencitraan diposisikan di bawah penutup pelindung, berdekatan dengan tumpukan layar.Dengan demikian, perangkat elektronik konvensional yang menggabungkan tumpukan layar dan sensor pencitraan biasanya memerlukan penutup pelindung area besar yang melampaui batas tumpukan layar untuk menyediakan ruang guna mengakomodasi sensor pencitraan,' jelas Apple.

"Konstruksi konvensional ini secara tidak diinginkan meningkatkan ukuran nyata dari wilayah bezel yang membatasi tampilan, sementara juga meningkatkan ukuran dan volume wadah perangkat elektronik yang tidak diinginkan," lanjutnya.

Paten Touch ID di layarPaten Touch ID di layar Foto: Apple

Fokus utama dari paten ini adalah menyematkan sensor gambar di layar untuk membaca sidik jari yaitu Touch ID di layar sentuh!

"Untuk menyederhanakan fungsionalitas, banyak skema mengikuti struktur di mana perangkat melakukan pemindaian gambar lintas layar untuk menangkap satu atau lebih gambar dari sidik jari pengguna yang menyentuh lokasi tertentu (area pencitraan)."

Apple menambahkan bahwa pendekatan yang sama dapat diambil untuk bentuk identifikasi biometrik lainnya, termasuk Face ID. Hal tersebut membuka kemungkinan perangkat Mac diberikan fitur ini ke depannya.

Dan itu sejalan dengan laporan Bloomberg belum lama ini yang mengatakan Face ID akan tersedia di Mac dalam beberapa tahun ke depan.

Sementara untuk kamera depan di layar kemungkinan masih bagian rencana jangka panjang. Saat ini Apple berusaha temukan solusi bagaimana kualitas kamera tetap memberikan hasil jepretan bagus meski terhalang layar.



Simak Video "Beredar Wujud iPhone 14 Jelang Peluncuran iPhone 13"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)