Microsoft Rilis Windows 11 Versi Beta yang Lebih Stabil

Microsoft Rilis Windows 11 Versi Beta yang Lebih Stabil

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 31 Jul 2021 17:50 WIB
Windows 11
Microsoft Rilis Windows 11 Versi Beta yang Lebih Stabil Foto: dok Microsoft
Jakarta -

Setelah diumumkan pada akhir Juni lalu, Microsoft akhirnya merilis beta pertama Windows 11 untuk pengguna. Sebelumnya sistem operasi generasi baru ini hadir untuk anggota Windows Insider Program yang memilih Dev channel.

Sebelumnya Microsoft hanya menyarankan developer atau pengguna yang benar-benar ahli untuk menginstal Windows 11 versi Dev karena versi ini masih tidak stabil dan banyak bug. Di versi beta ini, Microsoft menjanjikan WIndows 11 akan sedikit lebih stabil karena build-nya divalidasi langsung oleh Microsoft.

Windows 11 versi beta ini tentu merupakan kabar gembira untuk pengguna yang sudah tidak sabar ingin menjajal sistem operasi terbaru ini, tapi ragu-ragu karena banyak bug. Tapi Microsoft tetap tidak menyarankan menginstal Windows 11 di perangkat utama yang dipakai sehari-hari.

Untuk pengguna yang sudah tergabung dalam Dev channel di Windows Insider Program bisa langsung pindah ke channel Beta. Caranya adalah dengan masuk ke menu Settings > Windows Update > Windows Insider Program > Choose your Insider Settings lalu pilih channel Beta.

Biasanya berpindah dari channel Dev ke Beta membutuhkan instal ulang sistem operasi. Tapi akun Twitter Insider Program mengatakan proses ini bisa dilakukan dalam hitungan menit dan perangkat hanya butuh di-reboot, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (30/7/2021).

Untuk pengguna yang masih menggunakan Windows 10 juga bisa mencicipi Windows 11 versi beta dengan bergabung di Insider Program. Tapi Microsoft mengingatkan bahwa meski lebih stabil, Windows 11 ini tetap versi beta yang masih memiliki bug, crash dan kekurangan beberapa fitur baru.

Kalau ingin menggunakan Windows 11 tanpa bug, tunggu saja versi finalnya yang akan dirilis pada musim liburan akhir tahun ini.

Sebelum menginstal Windows 11 versi beta, kalian harus mengecek dulu apakah perangkat yang digunakan sudah sesuai dengan ketentuan Microsoft. Spesifikasi minimum yang ditetapkan oleh Microsoft adalah PC dengan prosesor Intel generasi ke-8 atau AMD Ryzen generasi kedua.

Perangkat juga harus memiliki RAM minimal 4GB dan storage minimal 64GB.Walau spesifikasi minimalnya terbilang rendah, beberapa perangkat yang seharusnya memenuhi syarat tidak bisa menginstal Windows 11 karena modul TPM 2.0 yang belum diaktifkan, jadi sebaiknya cek terlebih dahulu di Device Manager.

Jika perangkat sudah memenuhi syarat dan sudah tergabung dalam Insider Program, cara menginstal Windows 11 mudah saja yaitu:

- Masuk ke menu Settings > Update & Security > Windows Insider Program > klik Get Started

- Hubungkan akun Microsoft

- Pilih channel Beta di pengaturan Insider

- Restart perangkat

- Masuk ke Settings > Update & Security > Check for Updates untuk melihat apakah update Windows 11 sudah tersedia

- Download dan instal Windows 11 di perangkat lalu ikuti petunjuk di layar



Simak Video "Siap-siap! Windows 11 Akan Tersedia 5 Oktober"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)