Windows 11 Tak Bisa Sembarang Diinstal di PC yang Tak Kompatibel

Windows 11 Tak Bisa Sembarang Diinstal di PC yang Tak Kompatibel

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 29 Jul 2021 09:10 WIB
Windows 11
Windows 11 Tak Bisa Sembarangan Diinstal di PC yang Tidak Kompatibel Foto: dok Microsoft
Jakarta -

Saat Microsoft mengumumkan Windows 11 banyak pengguna yang kebingungan karena perangkat Windows 10 mereka tidak kompatibel untuk di-upgrade ke sistem operasi terbaru tersebut. Kini Microsoft menegaskan bahwa pengguna tidak akan bisa menginstal Windows 11 di PC yang tidak sesuai standar.

Dalam sesi tanya jawab di forum komunitas Microsoft, Program Manager Microsoft Aria Carley mengatakan syarat dan ketentuan spesifikasi PC yang bisa menjalankan Windows 11 akan tetap berlaku demi menjamin keamanan perangkat yang dijalankan pengguna.

"Kami tahu itu menyebalkan bahwa beberapa perangkat tidak memenuhi syarat untuk Windows 11," kata Carley seperti dikutip dari BGR, Kamis (29/7/2021).

"Tapi hal yang perlu diingat adalah alasan kami melakukannya adalah untuk menjaga agar perangkat lebih produktif, memiliki pengalaman yang lebih baik, dan keamanan yang lebih baik dari sebelumnya agar mereka tetap terlindungi di workforce baru ini," sambungnya.

Seperti diketahui, pengguna Windows 10 mengeluhkan perangkat mereka tidak kompatibel dengan Windows 11 karena tidak memiliki atau belum mengaktifkan modul TPM 2.0.

Microsoft juga awalnya menuliskan bahwa spesifikasi minimal untuk PC yang mendukung Windows 11 adalah yang menjalankan prosesor Intel generasi kedelapan atau prosesor AMD Ryzen generasi kedua. Ketentuan ini tentu membuat banyak pengguna perangkat Windows dengan prosesor lawas merasa ketinggalan.

Carley juga mengatakan bahwa pengguna tidak perlu repot-repot mengecek apakah perangkat mereka telah memenuhi syarat untuk upgrade ke Windows 11 atau tidak. Nantinya Windows sendiri yang akan mengecek secara otomatis, dan jika perangkat ternyata tidak memenuhi syarat maka sistem tidak akan menawarkan instalasi Windows 11.

Ia menekankan bahwa Microsoft tidak akan mengizinkan pengguna yang bersikeras menginstal Windows 11 di perangkat yang tidak kompatibel dengan menggunakan jalan pintas, misalnya dengan memodifikasi group policy.

"Group policy tidak akan memungkinkan kalian untuk menyiasati aturan hardware untuk Windows 11. Kami tetap akan memblokir kalian memperbarui perangkat ke status yang tidak didukung karena kami ingin memastikan perangkat kalian tetap didukung dan aman," jelas Carley.

Windows 11 akan digulirkan secara gratis pada musim liburan akhir tahun kepada pengguna Windows 10 yang perangkatnya memenuhi syarat. Sempat menimbulkan kontroversi, Microsoft saat ini belum memberikan update lagi tentang syarat spesifikasi perangkat yang harus dipenuhi untuk menginstal Windows 11.

Bukan tidak mungkin juga pengguna yang sudah mahir akan menemukan cara untuk memasang Windows 11 di perangkat yang tidak kompatibel. Tapi jangan asal mencari file instalasi Windows 11 di internet karena ada file palsu yang berisi malware.



Simak Video "Siap-siap! Windows 11 Akan Tersedia 5 Oktober"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)