Sabar, Tunda Dulu Niat Beli Smartwatch Android

Sabar, Tunda Dulu Niat Beli Smartwatch Android

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 23 Jul 2021 12:00 WIB
Wear OS by Google
Foto: Dok. Google
Jakarta -

Google akhirnya meresmikan nama sistem operasi smartwatch terbarunya, yaitu Wear OS 3, yang merupakan gabungan antara Wear OS dan Tizen milik Samsung.

Selain meresmikan namanya, Google pun mengungkap kapan OS baru itu akan muncul dan smartwatch mana saja yang akan kebagian Wear OS 3, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (23/7/2021).

Menurut Google, hanya sebagian kecil smartwatch yang ada saat ini akan mendapat Wear OS 3. Pembaruannya pun baru akan disebar pada pertengahan kedua 2022.

Smartwatch yang akan kebagian itu antara lain adalah Mobvoi TicWatch Pro 3 GPS, TicWatch Pro 3 LTE, TicWatch E3, dan juga smartwatch Fossil yang akan dirilis pada 2021 ini.

Artinya, bakal banyak smartwatch Android yang tak kebagian Wear OS 3. Bahkan smartwatch Samsung yang berbasis Tizen, yang sejauh ini sebenarnya menjadi smartwatch terbaik untuk Android.

Karena itulah, saat ini tampaknya bukan waktu yang tepat untuk membeli smartwatch Android. Pasalnya hampir semua perangkat yang ada saat ini kemungkinan tak akan mendapat pembaruan Wear OS 3, atau paling cepat baru mendapat update pada 2022 mendatang.

Terlebih lagi Google sudah memperingatkan bahwa smartwatch Wear OS yang ada saat ini, jika bisa diperbarui jadi Wear OS 3, mungkin akan mengalami masalah performa. Hal ini tak dijelaskan lebih lanjut oleh Google.

Namun yang jelas untuk melakukan pembaruan ke Wear OS 3 pengguna perlu melakukan factory reset dan menghapus semua pengaturan dan data yang ada pada jam.

Opsi paling cepat jika sudah tak sabar membeli smartwatch Android mungkin adalah menunggu Samsung merilis Galaxy Watch terbarunya pada Agustus mendatang di acara Samsung Unpacked, yang seharusnya menjadi perangkat Wear OS 3 pertama di dunia.

Sejauh ini, berdasarkan klaim Google, Wear OS 3 memang menjanjikan. Google menyebut performanya akan lebih kencang dan juga daya tahan baterai lebih lama. Begitu juga dukungan aplikasi standalone dari Google Maps, Spotify offline, dan lain sebagainya.



Simak Video "Facebook Kembangkan Smartwatch Pertamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)