Waduh! Game Ini Bisa Bikin Jebol RTX 3090

Waduh! Game Ini Bisa Bikin Jebol RTX 3090

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 23 Jul 2021 06:44 WIB
Amazon New World
Foto: Dok. Amazon
Jakarta -

Game massively multiplayer online (MMO) baru besutan Amazon yang berjudul New World disebut bisa membuat kartu grafis RTX 3090 yang dipakai penggunanya menjadi rusak. Waduh, kok bisa?

Game New World sendiri masih berada pada masa closed beta di Amazon Games. Namun ada beberapa orang gamer yang menjajal New World melaporkan kalau game tersebut membuat kartu grafis RTX 3090-nya menjadi brick, alias rusak.

"Kami mendapat dua laporan dari konsumen yang akan kami tindak lanjuti, dan juga laporan dari forum yang menyebutkan penggunaan GPU yang sangat tinggi, yang konsisten dengan game dengan grafis yang kaya," tulis Amazon dalam pernyataan terbarunya.

"Kami menyediakan pengaturan yang bisa dipilih oleh pengguna untuk mengurangi kualitas grafis, yang sejalan akan mengurangi penggunaan GPU, jika memang diinginkan oleh pengguna," tambahnya.

Sebelumnya Amazon berkelit dan menyatakan kalau tak ada indikasi masalah ini terjadi secara luas di kartu grafis RTX 3090. Meski begitu, mereka akan merilis patch untuk memperbaiki masalah tersebut.

"Ratusan ribu pemain sudah bermain di New World Closed Beta, dengan jutaan jam permainan. Kami menerima beberapa laporan dari pemain yang menggunakan kartu grafis dengan performa tinggi yang mengalami kerusakan hardware saat bermain New World," tulis Amazon.

"New World menggunakan standar DirectX yang disediakan lewat Windows API. Kami tak melihat adanya indikasi masalah ini menyebar dengan 3090, baik di beta ataupun pada tahap alpha yang sudah berlangsung selama beberapa bulan," lanjutnya.

Dari laporan yang ada di thread New World di Reddit, kebanyakan kartu grafis RTX 3090 yang mengalami kerusakan itu adalah buatan EVGA. Bahkan, kartu grafis EVGA ini sudah bermasalah dengan New World saat game itu ada pada tahap alpha.

Pasalnya ada seorang pengguna yang melaporkan sebuah kartu grafis EVGA-nya mengalami kerusakan saat bermain di New World alpha, dan kini lagi-lagi kartu grafisnya EVGA-nya yang lain tewas saat bermain di tahap beta.

EVGA mengaku saat ini masih mencari sumber permasalahan yang menyebabkan kartu grafisnya itu rusak. Namun yang jelas mereka menyarankan pengguna RTX 3090 yang ingin bermain New World untuk menunggu patch terbaru dari Amazon sebelum memainkan game tersebut.

Masa closed beta New World akan berlangsung sampai 2 Agustus mendatang. Perilisannya sendiri dijadwalkan pada 31 Agustus, setelah beberapa kali ditunda, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (23/7/2021).



Simak Video "Jeff Bezos Resmi Pensiun dari CEO Amazon"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)