Jumlah Pengguna iPhone dan Android di AS Kini Seimbang

Jumlah Pengguna iPhone dan Android di AS Kini Seimbang

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 21 Jul 2021 17:45 WIB
NEW YORK, NY - AUGUST 21:  Google and Oreo reveal Android OREO during the solar eclipse at the 14th street park on August 21, 2017 in New York City.  (Photo by Jason Kempin/Getty Images for Oreo)
Foto: Jason Kempin/Getty Images for Oreo
Jakarta -

Beberapa tahun belakangan, pasar iPhone di Amerika Serikat tergerus oleh Android. Namun kini jumlah aktivasi kedua platform ponsel pintar itu sudah seimbang.

Menurut data terbaru dari Consumer Research Intelligence Partner (CIRP), kini konsumen ponsel di AS terbagi rata antara Android dan iOS. Mereka pun menyebut dalam setahun belakangan, perubahan yang terjadi dari aktivasi ponsel baru terbilang minim, yang artinya pasar sudah stabil.

Namun bagi Apple, ini adalah 'kemenangan', karena pasar mereka selama beberapa tahun belakangan tergerus oleh Android. Yaitu dalam hal aktivasi perangkat baru.

Contohnya pada 2017, di mana dua dari tiga pembeli ponsel di AS memilih membeli ponsel Android, dan sampai pertengahan 2019 hal tersebut belum berubah, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Rabu (21/7/2021).

Baik pengguna Android maupun iOS pun, menurut pendiri CIRP Mike Levin, terbilang loyal selama lima tahun belakangan. Di mana 90-93% pengguna Android kembali menggunakan Android, dan 86-93% pengguna iOS kembali menggunakan iOS.

Namun tingkat loyalitas pengguna iPhone belakangan mulai sedikit meningkat. Hal ini diduga karena mulai ada yang tak percaya terkait keamanan dan privasi di Android. Begitu juga soal dukungan pembaruan sistem operasi yang lebih panjang di iPhone, juga kehadiran iPhone yang harganya terjangkau seperti seri iPhone SE.

Laporan CIPR ini didasarkan pada survei yang dilakukan pada warga AS yang mengaktivasi ponsel baru dan bekas selama empat bulan sampai bulan Juni lalu. Jadi mungkin saja ada margin error atau ketidak sesuaian jika dibandingkan dengan populasi yang lebih besar.

Namun dalam survei sejenis yang dilakukan SellCell di pasar ponsel bekas, temuan mereka kurang lebih sama dengan temuan CIPR. Yaitu tingkat loyalitas pengguna Android yang menurun, meski sedikit, di kalangan pengguna di Negeri Paman Sam tersebut.

Tentunya ada faktor lain yang mungkin berpengaruh terhadap hal ini, contohnya nilai jual kembali dari iPhone yang lebih baik dibanding Android. Ataupun anggapan bahwa iOS lebih unggul dibanding Android.



Simak Video "iPhone 13 Diejek Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)