Nokia X60 Series Bakal Pakai HarmonyOS

Nokia X60 Series Bakal Pakai HarmonyOS

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 01 Jul 2021 18:11 WIB
Nokia X60
Foto: Huawei
Jakarta -

Huawei memang membuka sistem operasinya untuk digunakan para vendor pada HP garapannya. Dan ini sudah dimulai, Nokia X60 series disebutkan bakal pakai HarmonyOS saat dirilis.

Kabar tersebut dihembuskan media Taiwan. Dalam laporan tersebut dikatakan Nokia ingin mengintegrasikan HarmonyOS 2.0 ke dalam smartphone-nya.

Ada dua seri yang akan dikeluarkan, yakni Nokia X60 dan Nokia X60 Pro. Keduanya bakal menjadi perangkat pertama non-Huawei yang menggunakan sistem operasi tersebut.

Pengadopsian HarmonyOS sendiri sebagai upaya Nokia dapat memperbesar pasar China. Sebab selama ini Nokia menggunakan Android polosan yang mana banyak memakai layanan Google.

Seperti diketahui layanan Google tidak dapat dijalankan di China. Karena itu Nokia memerlukan sistem operasi alternatif selain Android agar dapat diterima oleh pengguna di sana.

Hal ini telah dilakukan banyak vendor ponsel China. Mereka menampilkan UI yang berbeda dan serangkaian aplikasi yang berbeda dibandingkan dengan versi internasional.

Nokia X60Nokia X60 Foto: Huawei

Nokia X60 series yang menjalankan HarmonyOS kemungkinan hanya dijual di China. Sementara varian global akan tetap memakai Android polosan mengingat Google menjadi salah satu investor HMD Global.

Dalam laporan disebutkan pula Nokia X60 akan menggunakan kamera belakang 200 MP. Ponsel ini bakal mengusung layar melengkung berspesifikasi tinggi dengan kecepatan refresh adaptif hingga 144 Hz, sementara baterainya berkapasitas 6.000 mAh.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari HMD Global terkait laporan tersebut. Demikian pula jadwal peluncuran ponsel Nokia X60 series.



Simak Video "6 Ponsel Nokia Terbaru dengan Harga Mulai Rp 1,3 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)