7 Bocoran Menarik Windows 11 yang Segera Meluncur

7 Bocoran Menarik Windows 11 yang Segera Meluncur

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 21 Jun 2021 17:00 WIB
Windows 11
7 Bocoran Menarik Windows 11 yang Segera Meluncur Foto: The Verge
Jakarta -

Microsoft akan memamerkan Windows 11 dalam hitungan hari. Tapi jauh sebelum peluncuran, sistem operasi generasi baru ini sudah bocor duluan.

Banyak orang yang sudah bisa menginstal dan menjajal fitur-fitur baru Windows 11 berkat versi awalnya yang sudah bocor di internet. Tapi ada kemungkinan semua bocoran di versi awal ini akan berbeda dengan versi finalnya yang diluncurkan secara resmi.

Karena disebut sebagai generasi selanjutnya, Windows 11 tentu membawa banyak hal baru. Berikut ini tujuh bocoran menarik Windows 11 yang dirangkum detikINET dari berbagai sumber, Senin (21/6/2021).

  • Menu Start baru

Menu Start di Windows 11 dirombak menjadi lebih sederhana karena Live Tiles yang sebelumnya ada di Windows 10 dihilangkan. Posisi tombol Start dan ikon lainnya di taskbar pun digeser ke bagian tengah, jadi terlihat mirip seperti MacOS. Tapi tenang karena posisinya bisa dikembalikan ke bagian kiri layar.

  • Logo Windows baru

Windows 11 akan menggunakan logo baru yaitu empat buah persegi yang berukuran sama. Logo trapesium (sebenarnya persegi tapi dengan perspektif yang membuatnya terlihat seperti trapesium) yang dikenalkan di Windows 8 sekarang dipensiunkan

  • Musik startup

Pengguna setia Windows pasti sudah familiar dengan musik startup yang dimainkan saat perangkat pertama kali dinyalakan. Musik ini akan kembali di Windows 11 tapi tentu lebih minimalis ketimbang musik startup di Windows XP yang ikonik.

  • Widgets

Widgets adalah fitur yang pertama kali dikenalkan di Windows Vista. Setelah absen di beberapa generasi, fitur Widgets akan kembali di Windows 11.

Pengguna bisa mengakses Widgets dengan mengklik tombol khusus di taskbar. Lewat fitur ini, pengguna bisa melihat informasi seperti berita, cuaca, dan lalu lintas secara sekilas.

  • Ikon dan tampilan baru

Windows 11 digadang-gadang akan hadir dengan tampilan yang lebih modern. Ikon dan logo yang digunakan juga ikut didesain yang dengan gradasi warna yang beragam dan tampilan agak 3D.

Masih mengikuti tema modern dan minimalis, jendela aplikasi di Windows 11 juga menggunakan sudut yang membulat dan wallpaper yang disediakan juga terlihat lebih sederhana.

  • Cara baru multitasking

Banyak pengguna Windows yang melakukan multitasking dengan membuka beberapa aplikasi sekaligus dan menampilkannya secara split-screen. Fitur split-screen ini akan mendapatkan peningkatan di Windows 11.

Pengguna Windows 11 akan bisa mengatur posisi dan ukuran jendela yang dibuka menggunakan tombol maximize. Tombol ini akan memiliki beberapa opsi yaitu side by side, grid of three atau grid of four.

  • Perubahan di Microsoft Store

Microsoft juga dikabarkan akan memperbarui Microsoft Store dengan memasukkan lebih banyak aplikasi ke dalamnya. Tapi perubahan untuk toko aplikasi ini belum terlihat di versi Windows 11 yang bocor ke publik.

Microsoft akan memamerkan Windows 11 pada 24 Juni mendatang. Jadi tidak lama lagi kita akan melihat sesignifikan apa perubahan yang akan dibawa sistem operasi ini.



Simak Video "Windows 11 Akhirnya Diluncurkan, Apa Saja yang Baru?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)