Google Pamer Enam Fitur Baru Android, Ini Daftarnya

Google Pamer Enam Fitur Baru Android, Ini Daftarnya

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 16 Jun 2021 16:45 WIB
Fitur Baru Android
Foto: Dok. Google
Jakarta -

Google sebenarnya baru memamerkan deretan fitur baru untuk HP Pixel-nya beberapa hari lalu, namun kini mereka kembali menambah daftar fitur tersebut. Bedanya, enam fitur ini bakal tersedia untuk semua HP Android, bukan cuma Pixel.

Ini adalah pertama kalinya Google melakukan hal ini, yaitu merilis beberapa fitur baru untuk Android dalam sebuah pengumuman. Sepertinya mereka terinspirasi dari cara mereka memamerkan fitur baru di Pixel, yaitu feature drops.

Jadi, enam fitur baru Android tersebut apa saja, sih?

  • Android Earthquake Alerts System. Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa waktu lalu, tapi baru kali ini tersedia secara global meski masih terbatas di beberapa Negara seperti Selandia Baru, Yunani, Turki, Filipina, Kazakhstan, Republik Kyrgyz, Tajikistan, Turmenistan, dan Uzbekistan. Untuk saat ini Google memprioritaskan negara dengan risiko gempa bumi tinggi, namun mereka menjanjikan akan menghadirkan fitur ini ke lebih banyak negara pada 2021 ini.

[Gambas:Youtube]

  • Menandai pesan di Messages. Untuk pengguna yang banyak menggunakan aplikasi Messages, kini Google mempermudah penggunanya yang ingin menandai pesan agar mudah dicari. Caranya cukup menekan dan menahan pada pesan yang ingin ditandai. Lalu ada juga kategori 'Starred' di mana pengguna bisa mencari pesan yang sudah ditandai.

[Gambas:Youtube]

  • Contextual Emoji Kitcher. Contextual Emoji Kitchen akan mulai muncul dalam suggestion di Gboard beta, dan akan masuk ke aplikasi keyboard versi penuhnya pada musim panas mendatang. Fiturnya akan terbatas pada penggunaan bahasa Inggris, Spanyol, dan Portugis, dan menjalankan OS Android 6 ke atas. Cara kerjanya adalah dengan memberikan saran emoji sesuai dengan kata yang sedang diketik.
  • Google Assistant makin canggih. Google Assistant bisa diperintah untuk tugas tertentu di dalam sebuah aplikasi. Daftar lengkap dari perintah yang didukung oleh Google Assistant bisa dilihat dengan perintah 'hey Google, shortcuts'.

[Gambas:Youtube]

  • Voice Access bisa deteksi mata pengguna. Fitur Voice Access versi beta di Android kini bisa mendeteksi apakah penggunanya sedang melihat ke layar. Jadi pengguna bisa membatasi perintah-perintah yang hanya bisa dilakukan saat pengguna sedang melihat layar. Lalu ada juga fitur pendeteksi password input, jadi saat aplikasi ini mengenali tempat pengisian password di sebuah laman, ia akan membuat pengguna bisa memasukkan huruf, nomor, dan simbol di tempat itu.
  • Android Auto bisa dikustomisasi. Pengguna bisa mempersonalisasi layar launcher dari ponsel dan mengatur dark mode secara manual. Mencari konten pun menjadi lebih mudah dengan tab baru di aplikasi media. Lalu ada opsi 'back to top', serta tombol 'A to Z' di scroll bar. Setup Android Auto pun kini menjadi lebih cepat prosesnya. Google juga menambahkan fitur pencari tempat pengisian mobil listrik dan tempat parkir. Lalu pengguna juga bisa mengirimkan pesan langsung lewat WhatsApp dan Messages.



Simak Video "Deretan Ponsel yang Bisa Install Android 12"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)