Apple Music Lossless dan Spatial Audio Hadir di Android, tapi...

Apple Music Lossless dan Spatial Audio Hadir di Android, tapi...

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 16 Jun 2021 14:17 WIB
Apple Music
Ilustrasi Apple Music. Foto: dok Apple
Jakarta -

Minggu lalu Apple menghadirkan fitur baru untuk Apple Music, yaitu Lossless Audio dan Dolby Atmos/Spatial Audio. Kini fitur tersebut mulai tersedia untuk Apple Music di Android.

Pada awalnya, fitur baru tersebut hanya tersedia untuk Apple Music di perangkat Mac, iOS, dan iPadOS. Namun kini akhirnya fitur tersebut tersedia di Android, meski hanya tersedia untuk pengguna yang menjadi beta tester.

Tak cuma Lossless Audio dan Spatial Audio, Apple Music di Android juga mendapat fitur automatic crossfade dan beberapa fitur lainnya, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Selasa (15/6/2021).

Selain -- untuk saat ini -- hanya tersedia untuk pengguna yang mendaftar menjadi beta tester, fitur Spatial Audio/Dolby Atmos juga hanya mendukung perangkat yang kompatibel dengan fitur tersebut.

Setelah aplikasinya diperbarui menjadi versi v.3.6, pengguna akan menemukan pengaturan tambahan, seperti pengaturan kualitas audio yang terbagi menjadi empat opsi, yaitu:

  • High Efficiency: AAC with low data usage [Cellular only]
  • High Quality: AAC 256 kbps
  • Lossless: ALAC up to 24-bit/48kHz
  • High-resolution Lossless: ALAC up to 24-bit/192kHz

Perlu diingat, format lossless ini membutuhkan koneksi internet yang kencang dan juga storage yang besar. Apple menyebut lagu berdurasi 3 menit di 24bit/192kHz ukurannya mencapai 145MB, sementara di 24bit/48kHz ukurannya 36MB.

Oh ya, untuk opsi Hi-resolution Lossless, dibutuhkan digital to analog converter (DAC) eksternal yang bisa mengolah file dengan kualitas seperti itu. Atau bisa juga dilakukan lewat perangkat Android yang sudah bisa mengolah file sebesar itu, seperti misalnya jajaran HP flagship LG di seri G dan V. Atau bisa juga digital audio player (DAP) yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya.

Pada awalnya, ada 20 juta lagu yang tersedia dalam kualitas lossless. Apple menargetkan semua lagu di Apple Music yang jumlahnya lebih dari 75 juta lagu bakal mempunyai kualitas lossless pada akhir 2021.



Simak Video "Kenalin Apple Music TV: Acara Musik 24 Jam Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)