Google Diprediksi Akan Luncurkan HP Layar Lipat Tahun Ini

Google Diprediksi Akan Luncurkan HP Layar Lipat Tahun Ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 09 Jun 2021 15:42 WIB
Google, Kantor Google, Ilustrasi Google
Google Diprediksi Akan Luncurkan HP Layar Lipat Tahun Ini Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Google sepertinya akan segera memperkaya lini perangkatnya. Selain meluncurkan lini Pixel 6, raksasa mesin pencari ini juga diprediksi akan meluncurkan ponsel layar lipat tahun ini.

Berdasarkan laporan dari media Korea Selatan TheElec, Samsung Display akan mulai memproduksi layar OLED lipat untuk Google, Vivo, dan Xiaomi pada Oktober mendatang. Ponsel layar lipat dari tiga vendor ini diperkirakan akan dipamerkan pada kuartal keempat tahun 2021.

TheElec mengatakan ponsel layar lipat Google akan memiliki panel berukuran 7,6 inch dan akan melipat ke dalam. Sementara ponsel layar lipat Vivo akan mengusung layar utama berukuran 8 inch dan layar kedua di bagian luar berukuran 6,5 inch, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (9/6/2021).

Laporan tersebut tidak menyebutkan ukuran ponsel layar lipat Xiaomi. Vendor asal China ini memang telah meluncurkan ponsel layar lipat Mi Mix Fold beberapa bulan yang lalu, tapi sepertinya mereka sudah merencanakan penerusnya.

Sementara itu, Oppo dilaporkan akan menunda peluncuran ponsel layar lipatnya hingga tahun 2022. Ponsel layar lipat mereka akan memiliki layar utama 7,1 inch dengan layar kedua yang lebih kecil, sekitar 1,5 dan 2 inch.

Google memang telah lama dirumorkan akan meluncurkan ponsel layar lipat. Pada tahun 2019, mereka menerbitkan paten layar lipatnya dan mengaku telah mengembangkan prototipenya.

Saat Android 12 beta diluncurkan bulan lalu, 9to5Google juga menemukan kode untuk ponsel layar lipatnya yaitu 'Passport'. Nama ini muncul dalam kode di Android 12, bersamaan dengan kode lainnya untuk Pixel 6 dan Pixel 6 5G.

Tidak diketahui apakah ponsel layar lipat Google akan menggunakan layar yang mereka rancang sendiri, atau layar buatan Samsung. Samsung sendiri dikenal sebagai perusahaan kontrak yang memproduksi komponen untuk perusahaan lain seperti Apple.

Tapi berdasarkan bocoran sebelumnya, setidaknya satu elemen layar lipat di ponsel Google akan dibuat oleh Samsung. ETNews sebelumnya melaporkan ponsel layar lipat Google akan menggunakan kaca ultra-tipis milik Samsung.



Simak Video "Google Umumkan 8 Startup yang Telah Lulus dari Program Akselerasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)