Google, Apple, Microsoft, dan Mozilla Keroyokan Kembangkan Browser Extension

Google, Apple, Microsoft, dan Mozilla Keroyokan Kembangkan Browser Extension

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 05 Jun 2021 18:37 WIB
ilustrasi komputer
Foto: Unsplash
Jakarta -

Browser extension sangat berguna bagi pengguna, baik itu Chrome extension, add-on Firefox, atau Safari extension. Namun untuk menggarapnya di berbagai browser sering kali merepotkan developer. Maka, Google, Apple, Microsoft, dan Mozilla keroyokan mengembangkannya.

Sebagai bagian dari upaya menstandarisasi browser extension, raksasa teknologi utama di pasar browser termasuk Google, Apple, Microsoft, dan Mozilla, berkumpul membentuk WebExtensions Community Group (WECG).

WebExtensions Community Group

Tujuan WebExtensions Community Group (WECG) adalah memudahkan developer membuat browser extension. Untuk mencapai ini, vendor browser yang berpartisipasi ingin menentukan model fungsionalitas, API, dan izin yang konsisten melalui komunitas ini. WECG juga ingin meningkatkan keandalan browser extension secara keseluruhan dengan menguraikan arsitektur yang meningkatkan kinerja dan keamanan.

"Menggunakan model ekstensi yang ada dan API yang didukung oleh Chrome, Microsoft Edge, Firefox, dan Safari sebagai pondasi, kami akan mulai dengan mengerjakan spesifikasi. Kami bertujuan untuk mengidentifikasi kesamaan, membawa implementasi ke dalam keselarasan yang lebih dekat, dan memetakan arah untuk evolusi masa depan," tulis tim dalam pengumuman di website mereka.

Namun, seperti dikutip dari Beebom, ini tidak berarti bahwa browser tidak akan lagi memperkenalkan API baru yang mendukung kasus penggunaan tertentu. Dalam postingan tulisan yang sama, WECG mengklarifikasi bahwa komunitas mereka tidak akan menentukan setiap aspek dari platform web extension.

"Kami tidak berencana untuk menentukan, menstandardisasi, atau mengoordinasikan seputar penandatanganan atau pengiriman extension. Setiap vendor browser akan terus mengoperasikan toko extension mereka sepenuhnya secara independen, dengan kebijakan teknis, tinjauan, dan editorial mereka sendiri," tambah postingan tersebut.

Komunitas ini mendesak pembuat browser lain untuk bergabung dalam upaya ini. Selanjutnya, mereka juga akan mengundang kontribusi setelah mengungkap draf pertama spesifikasi. Diharapkan dengan adanya inisiatif ini, kita bisa mendapatkan extension yang lebih baik untuk browser Mac, Windows, dan yang lainnya.



Simak Video "Ngobrol Santai Kualitas Internet Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)