Apple Music Hadirkan Audio Lossless dan Dolby Atmos Tanpa Biaya Tambahan

Apple Music Hadirkan Audio Lossless dan Dolby Atmos Tanpa Biaya Tambahan

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 18 Mei 2021 07:45 WIB
Apple Music
Apple Music. Foto: dok Apple
Jakarta -

Setelah memberikan teaser pada Senin (17/5/2021), Apple mengumumkan fitur baru di layanan streaming musiknya. Apple Music bakal menghadirkan fitur audio lossless dan Dolby Atmos.

Fitur Audio Lossless dan Dolby Atmos akan tersedia mulai Juni mendatang. Menariknya, Apple tidak mengenakan biaya tambahan untuk pelanggannya menikmati dua fitur baru tersebut.

"Apple Music membuat kemajuan terbesarnya dalam kualitas suara," kata Oliver Schusser, Vice President Apple Music and Beats.

"Mendengarkan lagu di Dolby Atmos seperti keajaiban. Musiknya berasal dari sekitar Anda dan terdengar luar biasa. Sekarang kami menghadirkan pengalaman yang benar-benar inovatif dan imersif ini kepada pendengar kami dengan musik dari artis favorit mereka seperti J Balvin, Gustavo Dudamel, Ariana Grande, Maroon 5, Kacey Musgraves, The Weeknd, dan banyak lagi. Pelanggan juga dapat mendengarkan musik mereka dalam kualitas audio tertinggi dengan Lossless Audio. Apple Music seperti yang kita tahu akan berubah selamanya. "

Sebanyak 75 juta lagu di Apple Music saat ini akan tersedia opsi Lossless Audio. Apple menggunakan ALAC (Apple Lossless Audio Codec) untuk mempertahankan setiap bit dari file audio asli. Ini berarti pelanggan Apple Music akan dapat mendengar hal yang sama persis dengan yang dibuat artis di studio.

Untuk mulai mendengarkan Audio Lossless, pelanggan yang menggunakan Apple Music versi terbaru dapat mengaktifkannya dengan membuka Pengaturan> Musik> Kualitas Audio. Tingkat Lossless Apple Music dimulai dari kualitas CD, yaitu 16 bit pada 44,1 kHz (kilohertz), dan naik hingga 24 bit pada 48 kHz dan dapat diputar secara native di perangkat Apple.

Untuk audiophile sejati, Apple Music juga menawarkan Hi-Resolution Lossless hingga 24 bit pada 192 kHz. Karena ukuran file yang besar dan persyaratan perangkat keras tambahan, opsi Hi-Resolution Lossless perlu diaktifkan secara terpisah melalui pengaturan dan akan memerlukan DAC eksternal.

Apple menghadirkan Audio Spatial dengan dukungan untuk Dolby Atmos ke Apple Music. Dolby Atmos adalah pengalaman audio yang revolusioner dan imersif yang memungkinkan artis mencampur musik sehingga suaranya berasal dari sekitar dan dari atas.

Secara default, Apple Music akan secara otomatis memutar trek Dolby Atmos di semua headphone AirPods dan Beats dengan chip H1 atau W1, serta speaker internal di versi terbaru iPhone, iPad, dan Mac. Apple Music akan terus-menerus menambahkan trek Dolby Atmos baru dan akan mengkurasi satu set daftar putar Dolby Atmos khusus untuk membantu pendengar menemukan musik yang mereka sukai.

Selain itu, album yang tersedia di Dolby Atmos akan memiliki lencana di halaman detail agar mudah ditemukan. Saat peluncuran, pelanggan dapat menikmati ribuan lagu dalam Audio Spasial dari beberapa artis dari semua genre, termasuk hip-hop, country, Latin, pop, dan klasik.

Apple Music bakal bekerja sama dengan artis dan label untuk menambah koleksi. Untuk itu, Apple Music dan Dolby bakal menghadirkan cara yang memudahkan musisi, produser, dan teknisi untuk membuat lagu dengan Dolby Atmos. Inisiatifnya termasuk menggandakan jumlah studio yang mendukung Dolby, menawarkan program pendidikan, dan menyediakan sumber daya untuk seniman independen.

"Hari ini menandai pengenalan Dolby Atmos di Apple Music - pengalaman musik baru yang mengubah cara musik dibuat oleh artis dan dinikmati oleh penggemar mereka," kata Kevin Yeaman, presiden dan CEO Dolby Laboratories. "Kami bekerja dengan Apple Music untuk membuat Dolby Atmos tersedia secara luas bagi semua musisi dan siapa saja yang menyukai musik."



Simak Video "Kenalin Apple Music TV: Acara Musik 24 Jam Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)