Fitur dan Tampilan HarmonyOS Terungkap Lewat Video

Fitur dan Tampilan HarmonyOS Terungkap Lewat Video

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 06 Mei 2021 05:45 WIB
OS Harmony
Fitur dan Tampilan HarmonyOS Terungkap Lewat Video Foto: Huawei
Jakarta -

Huawei berencana meluncurkan sistem operasi HarmonyOS untuk ponsel-ponselnya pada bulan Juni mendatang. Sebelum diluncurkan, fitur dan tampilan sistem operasi baru ini terungkap lewat sebuah video.

Dalam video demonstrasi yang diunggah di Weibo, terlihat sebuah unit ponsel yang mirip seperti Huawei Mate 40 Pro yang sudah menjalankan HarmonyOS. Video berdurasi empat menit itu memperlihatkan peningkatan apa saja yang dibawa HarmonyOS.

Salah satu perubahan yang paling drastis adalah pusat kontrol baru yang muncul dengan menggeser layar di bagian pojok kanan atas ke bawah, seperti dikutip dari Gizmochina, Kamis (6/5/2021).

Sementara itu di pojok kiri atas layar akan menampilkan mesin pencari bawaan ponsel. Panel notifikasi bisa diakses dengan menggeser layar ke bawah di bagian mana saja.

Hal menarik lainnya yang diungkap dalam video ini adalah betapa cepatnya proses membuka dan menutup aplikasi di HarmonyOS, lebih cepat daripada ponsel Android.

Tapi orang di balik video itu mengatakan aplikasi yang bisa dibuka secepat kilat ini hanya aplikasi internal buatan Huawei. Tidak ada jaminan bahwa aplikasi, browser atau game dari pengembang pihak ketiga bisa dibuka tutup dengan kecepatan yang sama.

Secara visual, antarmuka HarmonyOS 2.0 memiliki tampilan yang sama seperti EMUI 11 dan dapat disesuaikan dengan Harmony dan Android. Huawei mengklaim sistem operasi ini dikembangkan sepenuhnya oleh teknisi mereka tapi mendukung aplikasi Android.

Tapi yang masih belum diketahui adalah apakah sistem operasi ini berbasis pada kernel Android atau merupakan platform yang sepenuhnya berbeda dan dibangun sendiri oleh Huawei dari awal.

HarmonyOS versi stabil rencananya akan digulirkan pada Juni 2021 mendatang setelah menjalani uji coba beta. Belum diketahui ponsel apa saja yang akan menerima update ini, tapi sepertinya ponsel flagship seperti seri Mate 40, Mate 30, P40 dan Mate X2 akan menjadi salah satu ponsel pertama yang bisa menjajal HarmonyOS.



Simak Video "Selamat Tinggal Android! Huawei Kini Punya HarmonyOS"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)