5 Faktor Penyebab Kehancuran Tragis BlackBerry - Halaman 2

5 Faktor Penyebab Kehancuran Tragis BlackBerry

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 22 Apr 2021 03:20 WIB
Seorang model menunjukkan Blackberry Classic saat peluncuran di Jakarta, Rabu (25/3/2015). Blackberry ini menggunakan jaringan 4G LTE dijual dengan harga Rp 5.599.000.
BlackBerry Classic. Foto: Agung Pambudhy

3. Gagal Membendung Android

Ponsel Android pertama, HTC Dream, rilis tahun 2008, menandai lahirnya sistem operasi robot hijau ke dunia. Pada waktu itu, belum banyak yang menganggapnya sebagai pesaing berarti di jagat smartphone dunia, termasuk BlackBerry.

Pada waktu itu, memang tidak sedikit yang mencemooh Android. "Kedengarannya mereka hanya mengumpulkan beberapa orang untuk membuat ponsel dan kami sudah melakukan itu bertahun-tahun. Saya tak paham dampak seperti apa yang akan mereka punya," kata Scott Horn, eksekutif Microsoft kala itu.

Pemimpin BlackBerry juga gagal melihat visi Google dan juga Apple bahwa ponsel tidak hanya semata alat komunikasi, namun akan menjadi pusat entertainment dan didukung aplikasi bagus. Mereka tetap menilai keunggulan tradisional BlackBerry takkan tergoyahkan.

"Tren di dunia mobile yang paling menarik adalah keyboard full qwerty," demikian salah satu kengototan Lazaridis yang menilai BlackBerry akan tetap lebih unggul dari iPhone maupun Android.

Kenyataan berkata lain. Pangsa pasar BlackBerry terus tergerus dan Android kemudian menjadi sistem operasi ponsel terpopuler di dunia.

4. Terlambat Menghadirkan BlackBerry 10

BlackBerry akhirnya menyadari tidak akan dapat bertahan jika terus mengandalkan ponsel dengan OS lama. iPhone dan deretan ponsel Android makin ganas saja. Akhirnya, mereka mengembangkan sistem operasi BlackBerry 10 untuk smartphone.

BlackBerry 10 yang berbasis QNX sebenarnya cukup bagus. OS ini dirancang bekerja tanpa kehadiran tombol fisik, cukup digeser-geser saja.

Awalnya, ponsel BlackBerry 10 direncanakan rilis pada tahun 2011, namun kemudian ditunda sampai tahun 2012. Masih ditunda lagi sampai akhirnya BlackBerry Z10 rilis awal Januari 2013.

Meski menghadirkan berbagai fitur baru, nyatanya ponsel BlackBerry 10 kurang laris di pasaran. BlackBerry Z10 kabarnya banyak yang menumpuk di gudang.

Banyak pihak menilai, jika saja ponsel BlackBerry 10 dirilis jauh-jauh hari, masih ada potensi bagi BlackBerry melawan dominasi Android dan iPhone.

Halaman selanjutnya: Kegagalan para pemimpin BlackBerry