Apa Itu Ukuran Megapixel di Kamera HP?

Fotografi Ponsel

Apa Itu Ukuran Megapixel di Kamera HP?

Tim - detikInet
Sabtu, 17 Apr 2021 16:15 WIB
Xiaomi Redmi Note 10 Pro edisi MFF 2021
Ilustrasi kamera HP. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Megapixel sering dijadikan patokan spesifikasi sebuah kamera dan juga kualitasnya. Namun sebenarnya megapixel itu apa sih?

Megapixel adalah ukuran resolusi yang bisa direkam oleh sebuah kamera, tepatnya sensor yang dipakai di kamera tersebut. Satu megapixel setara dengan satu juta pixel, yaitu kotak-kotak kecil yang disusun menjadi sebuah gambar.

Nah, jumlah pixel yang bisa direkam ini seringkali dijadikan senjata oleh pabrikan HP untuk memamerkan kualitas kameranya. Meski terkadang ada benarnya, seringkali kamera dengan jumlah megapixel yang lebih besar tak selalu lebih baik dari kamera dengan megapixel yang lebih kecil.

Menurut Nikhil Bhogal, mantan software engineer di Apple yang ikut mengerjakan teknologi di iPhone, kualitas dari pixel yang dihasilkan lebih penting ketimbang jumlah pixel yang ada di sensor kamera, terutama di kamera HP.

"Bahkan dalam sebuah gambar yang kecil, anda bisa menyimpan banyak informasi berkualitas bagus. Anda tak membutuhkan gambar 40 megapixel untuk mendapat informasi sebanyak itu," ujar Bhogal seperti dilihat dari Time, Sabtu (17/4/2021).

Jadi bagaimana caranya untuk meningkatkan kualitas pixel yang dihasilkan sensor kamera? Salah satu caranya adalah dengan membuat ukuran pixel lebih besar, hal ini akan meningkatkan kualitas foto yang dihasilkan namun tak memperbesar jumlah megapixel.

Bhogal menganalogikan ukuran pixel ini seperti sebuah ember. Semakin besar ember yang dipakai, semakin banyak pula air yang bisa ditampung. Begitu juga dengan pixel, semakin besar, maka cahaya yang bisa direkam pun semakin banyak.

Ukuran pixel yang lebih besar ini membuat cahaya lebih mudah masuk ke bagian sensitif cahaya di sensor. Alhasil gambar yang dihasilkan lebih bagus, noise (bintik-bintik dalam gambar) lebih sedikit.

Hal lain yang juga berpengaruh terhadap kualitas gambar yang dihasilkan adalah lensa. Contohnya kualitas optik yang dipakai, juga bukaan diafragma maksimal dari lensa tersebut. Makin besar diafragmanya, makin banyak cahaya yang bisa masuk.

Namun resolusi yang besar juga bukan sama sekali tak berguna, karena seiring dengan perkembangan zaman, resolusi besar itu juga disertai dengan fitur yang berguna.

Contohnya pixel binning, yaitu menggabungkan empat pixel (atau lebih) menjadi satu pixel. Alhasil ukuran pixel menjadi lebih besar, dan resolusi tetap mumpuni. Misalnya pixel binning 4 in 1 di sensor 64 MP akan menghasilkan foto 16MP, atau bahkan kini di sensor 108MP mendukung pixel binning 9 in 1, yang menghasilkan foto 12MP dengan menggabungkan sembilan pixel menjadi satu.

Kegunaan lain dari resolusi yang kelewat besar seperti 108MP tersebut adalah digital zoom. Yaitu memperbesar sebuah objek dengan meng-crop foto, yang karena jumlah pixelnya banyak, relatif tak akan mengurangi kualitas dari gambar yang di-crop.

Jadi gimana detikers, pilih kamera HP yang resolusinya besar atau yang standar-standar saja, nih?



Simak Video "Apple Perkenalkan AirTag, Perangkat Pesaing SmartTag Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)