Apple Mungkin Kapok Bikin iPhone Mini

Apple Mungkin Kapok Bikin iPhone Mini

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 17 Apr 2021 04:05 WIB
wujud iPhone 12 mini terungkap lewat video hands-on
iPhone 12 Mini. Foto: YouTube/George Buhnici via GSM Arena
Jakarta -

iPhone 12 Mini mungkin akan menjadi iPhone versi mini terakhir yang diluncurkan Apple. Kegagalannya mencapai target penjualan barangkali membuat vendor yang berbasis di Cupertino itu takkan lagi membuat versi barunya.

Adalah analis Apple terpercaya, Ming Chi Kuo, menyebutkan ada 4 model iPhone yang keluar tahun ini di mana semuanya punya layar besar. "Kami memprediksi iPhone akan punya 4 model, yaitu high end 6,7 inch dan 6,1 inch dan versi lebih rendah 6,7 inch dan 6,1 inch," tulisnya, dikutip detikINET dari iMore, Sabtu (17/4/2021).

Berarti sama dengan model iPhone saat ini, hanya saja tidak lagi memakai layar kecil. iPhone 12 Mini layarnya 5,4 inch yang mungkin malah jadi titik lemahnya sehingga kemungkinan tidak ada lagi penerusnya.

Menurut Nikei, Apple dikabarkan akan memangkas produksi iPhone 12 mini di paruh pertama tahun 2021. Mereka memang berencana memotong produksi semua seri iPhone hingga 20% jika dibandingkan rencananya di bulan Desember, tapi mayoritas varian yang dipangkas adalah iPhone 12 Mini.

Berdasarkan estimasi paling rendah, Apple akan memangkas produksi iPhone 12 Mini hingga lebih dari 70% di paruh pertama tahun 2021. Produksi iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max tidak berubah banyak dan ketiga model ini masih banyak dicari.

Secara keseluruhan, smartphone berukuran kecil memang makin langka. Di jagat ponsel Android dari kelas menengah bawah sampai atas, ponsel layar besar semakin mendominasi.

"Menemukan ponsel dengan layar kurang dari 6 inch cukup sulit saat ini. Galaxy Note memperkenalkan konsep phablet dan layar besar jadi makin populer, sampai titik ponsel 6,1 inch pun terlihat kompak," tulis Tom's Guide.

Bukan berarti peminatnya sudah tidak ada. "Tapi harus diakui kalah dibandingkan dengan mereka yang menyukai layar besar dan tidak akan mempertimbangkan untuk membeli ponsel lebih kecil," tambah mereka. iPhone mini pun mungkin akan tinggal kenangan.



Simak Video "Ikuti Jejak iPhone 11, Apple Rilis iPhone 12 dan 12 Mini Warna Ungu"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)