Kamera di Samsung Galaxy S22 Digarap Bareng Olympus

Kamera di Samsung Galaxy S22 Digarap Bareng Olympus

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 15 Apr 2021 09:35 WIB
Samsung Galaxy S21 Ultra
Galaxy S21 Ultra. Foto: (Samsung)
Jakarta -

Pabrikan HP bekerja sama dengan pabrikan kamera bukan hal baru. Seperti Huawei dengan Leica, Zeiss yang dulu digandeng Nokia dan kini juga dengan Vivo, dan terbaru adalah OnePlus dengan Hasselblad.

Samsung pun dikabarkan bakal menggandeng pabrikan kamera untuk meningkatkan kemampuan kamera di HP terbarunya. Pabrikan kamera yang bakal digandeng Samsung itu kabarnya adalah Olympus.

Lalu HP yang menjadi hasil kerja sama keduanya itu kemungkinan adalah Galaxy Fold 3 atau pun Galaxy S22 Ultra. Rumor ini dihembuskan oleh Yogesh lewat akun @heyitsyogesh di Twitter, demikian dikutip detikINET dari Petapixel, Kamis (15/4/2021).

Rumor serupa juga dikicaukan oleh IceUniverse, yang menyebut kabar kerja sama Samsung dengan Olympus itu akurat. Kabarnya Olympus adalah pihak yang pertama menggagas kerja sama itu, dan Samsung pun disebut tertarik dengan ide Olympus.

Kemungkinan hasil dari kerja sama antara Samsung dan Olympus itu adalah penerapan teknologi stabilizer sensor shift di kamera Fold 3 ataupun S22. Teknologi ini sebelumnya dipakai Apple di iPhone 12 Pro Max.

Sensor shift sebenarnya bukan teknologi baru karena sudah sering diterapkan di kamera mirrorless dengan nama beken: in body stabilization (IBIS). Namun untuk ranah HP, teknologi ini belum lazim. Sistem stabilizer gambar yang biasanya dipakai hanya optical image stabilization (OIS) yang berbasis di lensa.

Nah, sistem IBIS yang dipakai Olympus di kamera mirrorlessnya memang salah satu yang terbaik dibanding pesaingnya. Jika Samsung menggandeng pabrikan asal Jepang itu untuk memanfaatkan teknologi sensor shift-nya, bisa dibilang itu adalah pilihan yang tepat.



Simak Video "Kiat Buat Konten Menarik di Samsung Content Creator Class"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)