Google Pastikan Perilisan Pixel 5A 5G

Google Pastikan Perilisan Pixel 5A 5G

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 12 Apr 2021 20:11 WIB
Google Pixel 5 dan Pixel 4A 5G
Google Pixel 4a dan Pixel 5. foto: Dok. Google
Jakarta -

Google punya cara unik untuk mengkonfirmasi kehadiran Pixel 5A 5G, yaitu dengan menepis rumor yang beredar di media sosial.

Sebelumnya, Jon Prosser lewat akun Twitternya menyebut Pixel 5A batal dirilis karena kelangkaan chip. Prosser sendiri dikenal sering punya bocoran akurat terkait ponsel-ponsel yang akan dirilis.

Namun kemudian Google pun membalas dengan pernyataan resminya. Dalam pernyataan tersebut, Google menyebut Pixel 5A 5G akan tetap dirilis pada tahun ini di Amerika Serikat dan Jepang, dan perilisannya itu akan sejalan dengan perilisan Pixel seri A generasi sebelumnya.

"Pixel 5a 5G tidak dibatalkan. (Ponsel) ini akan tersedia pada tahun ini di Amerika Serikat dan Jepang dan perilisannya sejalan dengan waktu perilisan ponsel seri a tahun lalu," tulis Google dalam pernyataannya.

Pixel 5A 5G sendiri dari rumor yang beredar punya banyak kesamaan dengan Pixel 4A 5G. Yaitu ponsel kelas menengah dengan harga relatif terjangkau, yang ditujukan untuk merambah lebih banyak konsumen.

Rumor kehadiran ponsel ini sudah ada sejak Juli 2020 di mana kode ponsel ini muncul dalam Android Open Source Project. Soal bentuk dan desainnya pun disebut akan mirip dengan Pixel 4A 5G, yaitu layar 6,2 inch FHD+, dua kamera belakang, dan port audio 3,5mm.

Pixel 4A 5G sendiri dirilis pada Agustus 2020, dan jika mengacu pada pernyataan Google mengenai Pixel 5A 5G, maka kemungkinan ponsel itu juga akan dirilis pada waktu yang sama, yaitu Agustus 2021. Namun ada juga spekulasi yang menyebut kalau ponsel itu akan dirilis di ajang Google I/O 2021 bersama dengan Pixel Buds versi murah.

Selain Pixel 5A 5G, Google juga disebut akan merilis Pixel versi kelas atas, dan diasumsikan akan bernama Pixel 6. Nah, Pixel 6 ini kabarnya akan menggunakan system on a chip (SoC) buatan Google sendiri, yang bernama Whitechapel.

Google dalam sejarahnya memang pernah mengakui keberadaan ponsel yang belum mereka rilis. Contohnya pada 2019 saat mereka memposting gambar Pixel 4 setelah banyak bocoran yang beredar di dunia maya.



Simak Video "Bantah Layanannya Down, Begini Penjelasan Google Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)