Pandemi COVID-19 Dongkrak Permintaan Wearable Gadget

Pandemi COVID-19 Dongkrak Permintaan Wearable Gadget

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 16 Mar 2021 19:30 WIB
Apple Watch
Pandemi COVID-19 Dongkrak Permintaan Wearable Gadget (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Permintaan untuk wearable gadget melonjak di tahun 2020. Pandemi COVID-19 membatasi orang beraktivitas sehingga mereka memerlukan wearable gadget agar tetap aktif bergerak dan mengontrol kondisi kesehatan.

Karena situasi pandemi pula, konsumen menghabiskan pendapatan mereka untuk membeli barang elektronik, bukan untuk kegiatan rekreasi seperti sebelum pandemi melanda.

Menurut data IDC, pengiriman wearable gadget secara global di kuartal keempat tumbuh 27% menjadi 153,5 juta unit, sedangkan pengiriman untuk setahun penuh meningkat 28% menjadi 444,7 juta unit.

"Dorongan untuk tetap sehat dan bugar selama pandemi mendorong pertumbuhan tersebut. Aktivitas kebugaran yang bisa dilakukan di rumah dengan cepat menjadi komponen penting yang ditawarkan wearable gadge," kata Jitesh Ubrani, research manager untuk IDC Mobile Device Trackers seperti dikutip dari Cnet, Selasa (16/2/2021).

Apple mempertahankan kepemimpinannya di pasar wearable gadget dengan mengirimkan 55,6 juta unit selama kuartal keempat, memegang 36,2% pangsa pasar yang sama seperti tahun lalu. Pengiriman Apple pada kuartal tersebut naik 27% dibandingkan dengan periode tahun lalu. Pengiriman Apple Watch naik 45%, berkat harga menarik yang ditawarkan Seri 6, Watch SE dan Seri 3.

Xiaomi berada di tempat kedua, dengan 13,5 juta pengiriman dan porsi pasar hampir 9%. Lini wearable gadget untuk audio menjadi kekuatannya dengan pertumbuhan lebih dari 55%. Sedangkan untuk Mi Band turun 18,3% karena adanya gangguan pasokan.

Menyusul di belakangnya ada Samsung dengan 13 juta pengiriman, meningkat 20% dan menempati porsi pangsa pasar 8,5% untuk kuartal tersebut. Sama seperti Xiaomi, pertumbuhan terbesar wearable gadgetnya berasal dari produk audio yang menyumbang 8,8 juta pengiriman, sementara pengiriman jam tangan pintar turun menjadi 2,9 juta.

Di posisi lima teratas adalah Huawei, yang berjuang dengan sanksi yang dijatuhkan AS, dan BoAt, yang hanya beroperasi di India. Keduanya masing-masing mengirimkan wearable gadget sebanyak 10,2 juta dan 5,4 juta unit.

Aksesoris audio merupakan kategori terbesar dari perangkat wearable gadget yang dikirimkan, dengan pangsa 64,2%, diikuti oleh jam tangan (24,1%) dan gelang pintar (11,5% - penurunan 17,8% selama kuartal tersebut).



Simak Video "Pandemi COVID-19 Bikin Anak Surya Saputra Kehilangan Kesempatan Bermain"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)