Ini OS Android Terpopuler di Indonesia

Ini OS Android Terpopuler di Indonesia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 11 Mar 2021 14:35 WIB
Android 10
Android 10 Jadi Versi Terpopuler di Indonesia Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Google sudah meluncurkan Android 11 sejak bulan September tahun lalu. Tapi di Indonesia angka adopsinya masih rendah dan Android 10 masih menjadi penguasa.

Laporan terbaru dari StatCounter menemukan 34,3% ponsel dan tablet Android di Indonesia menjalankan Android 10. Data ini dihimpun dalam periode Februari 2020 hingga Februari 2021.

Capaian ini tidak mengherankan mengingat Google mengharuskan semua ponsel Android yang dirilis tahun 2020 untuk menggunakan Android 10. Tapi Android versi lawas juga masih berkuasa di Indonesia.

Di peringkat kedua ada Android 9.0 Pie yang digunakan 20,59% perangkat Android di Indonesia. Padahal pada Februari 2020, sistem operasi ini berada di peringkat pertama dengan persentase 35,2%.

Selanjutnya ada Android 8.1 Oreo yang dijalankan 15,4% pengguna Android di Indonesia. Android versi lawas lainnya seperti Nougat, Marshmallow, Lollipop dan KitKat juga masih ditemukan, tapi angka adopsinya sudah sangat kecil hanya di satu digit.

Android 10 jadi Android terpopuler di IndonesiaPangsa pasar Android di Indonesia Foto: StatCounter

Tidak hanya di Indonesia, Android 10 juga menjadi versi yang paling populer di seluruh dunia dengan pangsa pasar 41%. Sistem operasi ini juga memuncaki wilayah-wilayah seperti Eropa dan Asia di mana adopsi Android 11 masih cukup lamban.

Sementara itu, adopsi Android 11 pelan-pelan mulai tumbuh di beberapa negara. Seperti di Amerika Serikat di mana 20% atau satu di antara lima ponsel Android kini menjalankan Android 11 hanya dalam waktu enam bulan sejak diluncurkan. Sayangnya StatCounter tidak mengungkap tingkat adopsi Android 11 di Indonesia.

Pencapaian ini menobatkan Android 11 sebagai versi dengan tingkat adopsi paling cepat dibandingkan versi lainnya, seperti dikutip dari Android Authority, Rabu (10/3/2021).

Capaian ini menandakan Google semakin serius dalam mempercepat distribusi Android versi terbaru. Dalam beberapa tahun terakhir, Google terlibat dalam Project Treble dan kolaborasi dengan Qualcomm untuk membuat update Android menjadi lebih mudah dan cepat.

Perlu diingat bahwa laporan dari StatCounter ini tidak resmi, dan angka distribusi Android yang resmi dari Google disembunyikan di Android Studio. Tapi tahun lalu Google mengungkap statistik adopsi Android 10, jadi bukan tidak mungkin laporan resmi dari mereka akan segera dirilis.



Simak Video "Google Doodle Rayakan 90 Tahun Go Tik Swan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/asj)