Apple Bakal Jadi Pemakai Chip 3nm Pertama?

Apple Bakal Jadi Pemakai Chip 3nm Pertama?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 03 Mar 2021 18:48 WIB
NEW YORK, NY - AUGUST 02:  The Apple logo is displayed in an Apple store in lower Manhattan on August 2, 2018 in New York City. On Thursday the technology company and iPhone maker became the first American public company to cross $1 trillion in value. Apple stock is up more than 20% this year.  (Photo by Spencer Platt/Getty Images)
Logo Apple. Foto: Spencer Platt/Getty Images
Jakarta -

TSMC memastikan akan mulai memproduksi chip 3nm mulai 2022 mendatang, tepatnya pada pertengahan kedua 2022 dengan kapasitas produksi awal 30 ribu wafer.

Mereka pun menyatakan kalau Apple sudah berkomitmen untuk memesan chip tersebut, yang membuat TSMC akan meningkatkan kapasitas produksi chip 3nm-nya menjadi 55 ribu wafer perbulan, dan ditambah menjadi 105 ribu wafer perbulan.

Produksi awal chip 3nm oleh TSMC ini bakal dilabeli 'risk production', alias produksi yang berisiko. Ini artinya chip yang diproduksi mungkin masih perlu diperbaiki sebelum produksi reguler dimulai.

Namun Apple disebut sudah setuju untuk membeli chip dengan label risk production tersebut. Hal ini memberikan kesempatan bagi Apple untuk menjajal chip 3nm lebih awal, meski rasanya tak mungkin chip tersebut bakal dipakai di iPhone yang dijual ke publik.

Sementara untuk 2021 ini TSMC mengaku akan meningkatkan kapasitas produksi chip 5nm untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat. Saat ini kapasitas produksinya 90 ribu wafer perbulan.

Kemudian kapasitas produksinya yang akan ditingkatkan menjadi 105 ribu wafer perbulan, dan menjadi 120 ribu wafer perbulan pada akhir 2021. Pada 2024 kapasitas produksi chip 5nm diperkirakan mencapai 160 ribu unit.

Pemesan chip 5nm ke TSMC cukup beragam. Selain Apple ada juga AMD, MediaTek, Marvell, Broadcom, dan Qualcomm. Namun TSMC sendiri disebut mengalokasikan mayoritas kapasitas produksinya untuk Apple, yang tengah bersiap merilis iPhone 13 dengan chip A15, yang diproduksi dengan proses 5nm+ alias N5P.

Dibanding chip 5nm, chip 3nm punya konsumsi daya lebih kecil 30% dan performa meningkat 15%, demikian dikutip detikINET dari Gizmochina, Rabu (3/3/2021).



Simak Video "Gara-gara Ini, Facebook Dikabarkan Bakal Gugat Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)