Bukan Kaleng-kaleng, Ini Inovasi Oppo Sambut Era 5G

Bukan Kaleng-kaleng, Ini Inovasi Oppo Sambut Era 5G

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 03 Mar 2021 17:47 WIB
OPPO Reno5 5G
Bukan Kaleng-kaleng, Ini Inovasi Oppo Sambut Era 5G Foto: OPPO
Jakarta -

Vendor ponsel beramai-ramai mengembangkan teknologi terbaru untuk menyambut 5G. Salah satunya Oppo yang sudah menyiapkan sederet inovasi di era jaringan generasi kelima ini.

Dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Rabu (3/3/2021) baru-baru ini Oppo dan Ericsson menguji coba jaringan mmWave 5G di China yang hasilnya diumumkan di ajang Mobile World Congress (MWC) Shanghai 2021.

Tidak main-main, dari hasil uji coba ini Oppo dan Ericsson mencatat kecepatan downlink hingga 4,06 Gbps. Dengan kecepatan internet seperti itu, mengunduh file berukuran 2 GB bisa dilakukan dalam waktu empat detik.

Jaringan mmWave dikenal memiliki jangkauan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Sub-6GHz. Tapi dalam uji coba ini pengguna yang berjarak 2,3 km dari BTS masih bisa mendapatkan kecepatan downlink 200 Mbps.

"Ini hasil tertinggi dari semua tes pada perangkat konsumen yang pernah dilakukan di China selama ini," klaim Zhi Chen, Supervisor of Mobile Broadband Department Oppo saat sesi interview MWC Shanghai 2021 belum lama ini.

Dalam event yang sama, Oppo juga mengenalkan aksesoris bernama Oppo 5G CPE Omni. Perangkat ini bisa mengubah sinyal 5G menjadi koneksi Wi-Fi yang cepat dan stabil.

Perangkat ini membawa teknologi O-Reserve 5G Antenna System yang menggunakan spektrum sub-6Ghz yang memastikan mendapatkan sinyal terbaik.

Di saat bersamaan, terdapat O-Motion 5G Antenna yang punya desain 360 derajat untuk menangkap sinyal mmWave terkuat. Sehingga di manapun perangkat ini ditempatkan diklaim bebas blindspot dan mendapatkan performa terbaik.

Khusus untuk di Indonesia, Oppo juga belum lama ini meluncurkan Reno5 5G yang sudah mendukung jaringan 5G. Meski saat ini jaringan komersial 5G di Indonesia, ponsel ini akan 'future proof' dan siap mengakses 5G begitu tersedia di Indonesia.

Ponsel ini dilengkapi dengan chipset Snapdragon 765G yang bertenaga. Dipadukan dengan jaringan 5G, main game AAA lewat cloud gaming bisa dilakukan tanpa halangan.

Oppo juga sudah menjalankan uji coba 5G bersama Telkomsel di Batam pada tahun 2019 silam. Pengujian tersebut dilakukan dengan melakukan panggilan telepon internet lewat jaringan 5G, dan menandakan pertama kalinya panggilan telepon dengan protokol internet dilakukan di Indonesia.

Untuk mempersiapkan masyarakat Indonesia menyambut jaringan 5G, Oppo juga menggelar Oppo 5G Academy yang diselenggarakan secara virtual. Dalam event ini, Oppo memberikan gambaran umum tentang teknologi 5G baik dari sisi perkembangan teknologi, implementasi, kegunaan dan pemanfaatan jaringan ini di masa depan.



Simak Video "Sederet Spesifikasi Ponsel yang Akan Berubah Jika 5G Datang"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)