Lho, Skor Kamera Galaxy S21 Ultra Kok Kalah dari S20 Ultra?

Lho, Skor Kamera Galaxy S21 Ultra Kok Kalah dari S20 Ultra?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 02 Mar 2021 18:42 WIB
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G
Samsung Galaxy S21 Ultra. Foto: dok. Samsung
Jakarta -

DxOMark memposting hasil pengujian mereka terhadap Samsung Galaxy S21 Ultra (varian Exynos), dan skor akhirnya ternyata malah kalah dibanding dengan S20 Ultra.

Dalam laporan tersebut, DxOMark memberikan skor total sebesar 121 untuk S21 Ultra, yang sebenarnya sudah cukup kecil untuk sebuah ponsel flagship. Namun, skor ini juga lebih rendah dibanding S20 Ultra, yang adalah pendahulu S21 Ultra.

Sebenarnya skor di aspek fotografi untuk S21 Ultra sama dengan S20 Ultra, yaitu 128. Namun di aspek lain, yaitu zoom dan video, skor keduanya terpaut cukup jauh, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Selasa (2/3/2021).

S21 Ultra mendapat skor 76 point untuk kemampuan zoom dan 98 poin untuk kemampuan video. Sementara S21 Ultra skor untuk kemampuan zoom mencapai 88 poin dan kemampuan videonya diberi skor 106 poin.

Sekadar catatan, skor yang dibandingkan ini berasal dari pengujian S20 Ultra yang sudah diulang.

Lalu, kenapa skor yang didapat S21 Ultra bisa lebih kecil? Sebenarnya, kemampuan zoom pada kamera ultra wide-nya baik-baik saja. Masalahnya ada pada dua kamera tele, yang disebut DxOMark tak bisa memenuhi ekspektasi.

Menurut mereka, foto yang dihasilkan oleh kamera tele-nya punya tingkat detail yang rendah dan tekstur yang tak natural. Padahal, kamera ultrawide-nya menawarkan cakupan yang besar dengan kualitas yang terjaga.

Sementara untuk skor video, menurut DxOMark, kualitas video dari S21 Ultra terbilang lumayan, hanya saja masih kalah dibanding ponsel flagship lain. Soal dynamic range pada video, kualitasnya disebut sedikit lebih baik dari Mate 40 Pro, namun belum bisa bersaing dengan iPhone 12 Pro Max.

Dalam kesimpulan pengujian, DxOMark menyebut S21 Ultra tertinggal dibanding pesaingnya seperti Mate 40 Pro dan iPhone 12 Pro Max di hampir semua kategori, termasuk zoom, yang sebenarnya di atas kertas seharusnya Samsung lebih unggul.



Simak Video "Hands-on Galaxy S21 Ultra Harga Rp 22 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)