Google Rilis 6 Fitur Baru untuk Android

Google Rilis 6 Fitur Baru untuk Android

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 25 Feb 2021 20:45 WIB
FILE PHOTO: A 3D printed Android mascot Bugdroid is seen in front of a Google logo in this illustration taken July 9, 2017. Picture taken July 9, 2017.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration - RC1B112FBA80/File Photo
Google Rilis 6 Fitur Baru untuk Android Foto: Dado Ruvic/Reuters
Jakarta -

Google baru saja merilis update untuk enam aplikasi Android yang akan tersedia untuk semua pengguna dalam waktu dekat. Update ini akan digulirkan secara bertahap jadi beberapa pengguna mungkin harus menunggu untuk mendapatkannya.

Aplikasi yang mendapat update kali ini cukup beragam, mulai dari Messages sampai Android Auto. Fitur baru yang dihadirkan juga cukup bermanfaat, seperti dark mode untuk Google Maps.

Berikut enam fitur baru untuk aplikasi Android yang diluncurkan Google, seperti dikutip dari Cnet, Kamis (25/2/2021).

1. Password Checkup untuk semua aplikasi Android

Fitur Password Checkup sebelumnya hanya tersedia untuk pengguna desktop, tapi kini juga bisa digunakan oleh pengguna Android. Fitur ini sangat berguna untuk pengguna yang mengandalkan fitur Password Manager milik Google.

Dengan fitur Password Checkup, Google akan mengecek semua username dan password kalian yang terdaftar jika pernah bocor atau terekspos dalam kebocoran data. Jika data kalian ditemukan dalam database yang bocor, Google akan memberikan rekomendasi untuk segera mengganti password.

Google rilis fitur baru untuk AndroidFitur Password Checkup untuk Android Foto: Google

2. Dark Mode di Google Maps

Setelah sekian lama, aplikasi Google Maps untuk Android akhirnya mendapatkan fitur Dark Mode alias mode gelap. Sebelum update ini, Google Maps hanya menawarkan dark mode saat menggunakan mode navigasi.

Dengan update terbaru ini, semua bagian aplikasi Google Maps diselimuti warna gelap yang lebih nyaman di mata. Untuk mengaktifkannya, buka pengaturan di Google Maps, lalu pilih Theme dan klik 'Always in Dark Theme'.

Google rilis fitur baru untuk AndroidTampilan Dark Mode di Google Maps Foto: Google

3. Kirim pesan terjadwal

Pengguna Google Messages akan mendapatkan fitur yang sangat berguna yaitu opsi untuk mengirimkan pesan terjadwal. Fitur ini bermanfaat jika kalian ingin mengirimkan pesan tapi tidak ingin mengganggu si penerima, atau jika penerima pesan berada di zona waktu yang berbeda.

Setelah kalian menerima update ini di aplikasi Messages, cara menggunakannya mudah saja. Saat hendak mengirimkan pesan, jangan langsung tekan tombol Kirim atau Send. Tekan dan tahan tombol Kirim, lalu kalian akan melihat menu pop-up untuk menentukan kapan pesan akan dikirim.

Google rilis fitur baru untuk AndroidKirim pesan terjadwal di Google Messages Foto: Google

4. Talkback lebih mudah digunakan

Fitur aksesibilitas Talkback mendapatkan update baru yang memudahkan pengguna tuna netra atau dengan gangguan penglihatan untuk menggunakan perangkat Android mereka. Update ini menawarkan gestur, opsi navigasi, feedback lisan dan menu baru.

Google mengatakan mereka telah menambahkan gestur multi-jari baru untuk perangkat Pixel dan Samsung Galaxy yang memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi. Ada juga perintah suara baru, dukungan untuk dua bahasa di keyboard braille Talkback, dan lain-lain.

5. Google Assistant bisa dibuka secara hands-free

Asisten pintar Google Assistant kini bisa diakses tanpa perlu memegang ponsel. Artinya, pengguna bisa memanggil Google Assistant dengan suara bahkan jika layar ponsel dalam keadaan mati dan perangkat sedang terkunci.

Google mengatakan mereka memperbesar ukuran informasi yang ditampilkan agar lebih mudah dibaca dari jarak jauh. Untuk memastikan fitur ini berfungsi, aktifkan 'Lock Screen Personal Results' di pengaturan Google Assistant.

Google rilis fitur baru untuk AndroidMemanggil Google Assistant dari jarak jauh Foto: Google

6. Kustomisasi Android Auto

Pengguna yang menggunakan aplikasi Android Auto di mobilnya juga ikut kebagian fitur baru. Google menawarkan opsi untuk menambahkan wallpaper custom dan game yang bisa diaktifkan dengan suara yang bisa dimainkan saat perjalanan jarak jauh.

Google juga menambahkan jalan pintas di halaman utama Android Auto yang memudahkan pengguna untuk melihat update cuaca atau akses cepat ke kontak untuk mengirimkan pesan dan panggilan telepon.



Simak Video "Clubhouse Siap Meluncur untuk Pengguna Android"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)