Selain Layar Gulung, Oppo X 2021 Dukung Wireless Charging Tanpa Docking

MWC Shanghai 2021

Selain Layar Gulung, Oppo X 2021 Dukung Wireless Charging Tanpa Docking

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 23 Feb 2021 22:11 WIB
Jakarta -

Oppo X 2021 kembali dipamerkan di perhelatan Mobile World Congress (MWC) Shanghai 2021 setelah diperkenalkan secara resmi pada November lalu. Ada fitur menarik yang dimiliki ponsel layar gulung ini dan belum diungkap Oppo sebelumnya.

Dalam sebuah video, Oppo mengungkap kalau ponsel konsepnya itu mendukung wireless charging tanpa docking. Jadi Oppo X 2021 dapat diisi ulang tanpa menggunakan kabel dengan menempelkannya di docking.

Memang hal tersebut umum ditemukan pada ponsel flagship yang ada di pasaran. Tapi yang istimewa, ketika Oppo X 2021 diangkat dari docking, ponsel tersebut masih tetap mengisi daya.

"Teknologi Wireless Air Charging baru kami menggunakan resonansi magnetik. Pengisian daya dimulai segera setelah perangkat berada dalam jarak beberapa inch dari alas pengisi daya, dan pengguna bahkan dapat bermain game sambil mengisi daya secara nirkabel," jelas Oppo.

Dalam kesempatan ini, Oppo memperkenalkan case kulit untuk ponsel layar lipatnya. Kehadiran case ini menguatkan dugaan kalau Oppo X 2021 tidak sekadar ponsel konsep, melainkan ponsel yang siap dirilis di pasaran.

Soal ini Oppo belum mengeluarkan statement. Tapi perhelatan MWC Shanghai 2021 digelar hingga 25 Februari mendatang, siapa tahu mereka memberikan kejutan dalam beberapa hari mendatang.

Seperti diketahui Oppo X 2021 dikembangkan dengan inovasi layar berjenis continuously variable OLED display dimana layar ini dapat memiliki dua ukuran. Ukuran terkecil menghadirkan layar berukuran 6,7 inch. Layar sebesar ini sangat kompak dan mudah untuk digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan.

Sementara ukuran terbesar layar ini sebesar 7,4 inch. Menghadirkan pengalaman tablet yang dapat memuat banyak konten untuk disajikan dalam layar yang lebih lebar. Selain itu dimensi layar seperti ini sangat memanjakan konsumen untuk menyajikan konten multimedia hingga bermain game online.

Keberadaan layar gulung akan memberikan opsi kepada pengguna untuk menyesuaikan ukuran layar berdasarkan kebutuhan.

Demi menghadirkan pengalaman yang mulus, Oppo coba melakukan beragam inovasi pada struktur dan layar. Ini menjadi salah satu tantangan besar yang mereka hadapi.

Ponsel Layar Gulung OppoPonsel Layar Gulung Oppo Foto: Sohu IT

Tapi Oppo berhasil menciptakan Roll Motor Powertrain. Inovasi powertrain terdiri dari dua motor yang menghasilkan gaya konstan untuk membuka perangkat secara seragam, memastikan bahwa tampilan tidak rusak selama proses tersebut. Dan ini memberi pengguna kebebasan untuk membuka gulungan layar sebanyak yang diinginkan. Tidak seperti smartphone yang dapat dilipat yang biasanya hanya memiliki dua keadaan (dilipat dan dibuka) untuk beralih di antaranya.

Meskipun mekanisme bergulir ini, tampilan pada perangkat tidak memiliki kekusutan atau lipatan yang terlihat. Untuk memastikan hal ini, teknisi Oppo telah merancang bantalan dengan penggeser di sisi layar dengan busur 6,8 mm. Busur ini memungkinkan layar untuk memutar kembali tanpa ada lipatan yang terlihat.

Karena layar yang dapat digulung pada Oppo X 2021 tidak sekaku layar konvensional, Oppo turut merancang teknologi dukungan tampilan Plat 2-in-1 yang mendukung tampilan di kedua sisi dari dalam.

Ponsel Layar Gulung OppoPonsel Layar Gulung Oppo Foto: Sohu IT

Plat tersebut memiliki struktur seperti sisir yang secara efektif mendukung tampilan. Saat perangkat digulung tertutup, pelat membentuk satu permukaan untuk mendukung tampilan. Dan saat dibuka, salah satu pelat meluncur keluar untuk menopang layar tanpa meninggalkan celah. Mekanisme ini memastikan bahwa tampilan tetap mulus bahkan saat ditarik.

Untuk melindungi mekanisme geser dari belakang, Oppo mengadopsi dynamic frame, terdiri dari outer fixed frame dan sliding frame inside. Saat layar terbuka, bingkai geser dan penutup baterai belakang terlepas dari panel belakang untuk melindungi bagian dalam dengan lebih baik.

Karena layar yang dapat digulung cukup halus, Oppo X 2021 juga menggunakan laminasi layar berkekuatan tinggi milik Warp Track yang menambah kekuatan pada layar. Laminasi dibuat dengan baja berkekuatan tinggi, dan ketebalannya hanya 0,1 mm pada bagian tertipisnya. Laminasi Jalur Track membentuk jalur di belakang layar, yang menambah kekuatan tanpa meningkatkan hambatan.

(afr/fay)