Samsung Galaxy S21 Ultra 5G & Galaxy S21+ 5G Bisa Menjadi Kunci Mobil

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G & Galaxy S21+ 5G Bisa Menjadi Kunci Mobil

Yudistira Imandiar - detikInet
Senin, 25 Jan 2021 10:05 WIB
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G
Foto: Dok. Samsung
Jakarta -

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dan Galaxy S21+ 5G hadir dengan deretan fitur fungsional bagi penggunanya. Salah satunya, yakni Ultra-Wideband (UWB) yang dapat digunakan untuk membuka kunci rumah atau mobil.

UWB merupakan koneksi nirkabel seperti Bluetooth dan WiFi. Namun, UWB beroperasi di frekuensi yang sangat tinggi (bandwidth 500 MHz) dan bisa digunakan untuk menangkap data spasial dan terarah yang sangat akurat.

UWB mengirimkan satu miliar sinyal per detik yang kemudian diterima oleh perangkat lain seperti perangkat kunci rumah, mobil, atau gadget lain. Saat perangkat penerima mengirimkan sinyal balik, lokasinya bisa ditemukan dan terbaca dengan akurat di device pengirim sinyal UWB.

Perangkat yang dilengkapi UWB juga dapat dihubungkan dengan sistem penguncian mobil yang telah mendukung teknologi serupa. Ketika sistem UWB pada perangkat Galaxy S21 Ultra 5G dan Galaxy S21+ 5G telah terhubung dengan sistem penguncian mobil, pengguna dapat menggunakan smartphonenya untuk membuka kunci mobil. Mekanismenya kurang lebih sama dengan sistem smart entry (keyless).

Samsung nampaknya cukup serius memperkenalkan teknologi UWB pada perangkat smartphone untuk dijadikan kunci mobil. Mereka menyatakan telah bekerja sama dengan pabrikan mobil seperti Audi, BMW, Ford dan Genesis untuk memastikan mobil masa depan mereka yang menggunakan UWB mendukung Galaxy S21 Ultra 5G dan Galaxy S21+ 5G sebagai kunci mobil digital.

Dengan adanya UWB, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dan Galaxy S21+ 5G juga bisa mendeteksi keberadaan objek yang hilang menggunakan gadget untuk tracker, seperti Samsung Smart Tag+ yang punya jangkauan sampai 120 meter. UWB mampu mendeteksi apakah objek yang dikoneksikan tengah dalam kondisi diam, bergerak, menjauh, atau mendekat.

Sebagai informasi, Pre order Samsung Galaxy S21 Series 5G telah dibuka mulai 14-27 Januari 2021. Konsumen yang ingin melakukan pre order dapat mengunjungi www.galaxylaunchpack.com dan Samsung Store terdekat atau partner resmi e-commerce Samsung: Blibli, JD.id, Lazada, Shopee, Eraspace, Tokopedia, Dinomarket, Bukalapak, Akulaku, atau Bhinneka.com. Samsung Galaxy S21+ 5G dijual mulai Rp 15,999 juta dan Galaxy S21 Ultra 5G dibanderol mulai Rp 18,999 juta.



Simak Video "Hands-on Galaxy S21 Ultra Harga Rp 22 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)