Sejarah Samsung Galaxy S Pen Dari Masa ke Masa

Sejarah Samsung Galaxy S Pen Dari Masa ke Masa

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 21 Jan 2021 13:21 WIB
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dan S Pen
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dengan S Pen Foto: (Samsung)
Jakarta -

S Pen pertama dihadirkan Samsung saat mereka merilis Galaxy Note, dan pada awalnya kehadiran S Pen ini tak diduga-duga. Tak disangka kini usianya sudah 9 tahun dan kini bisa digunakan di Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Namun siapa sangka, kini S Pen sudah berusia 9 tahun sejak pertama dirilis, dan semakin banyak yang merasakan kegunaan stylus ini. Samsung pun terus menambah fitur dan kemampuan S Pen, agar bisa mengikuti kebutuhan penggunanya.

Terlebih lagi, kini S Pen tak eksklusif untuk lini Galaxy Note, melainkan juga sudah tersedia untuk seri lain yaitu Galaxy S21 Ultra 5G. Yuk kita lihat perkembangan S Pen dari masa ke masa:

Galaxy Note

Samsung S PenSamsung S Pen Foto: Dok. Samsung

Samsung bekerja sama dengan Wacom untuk memproduksi S Pen generasi pertama ini. Panjangnya 14cm, dan punya sensitivitas 256 tekanan. S Pen sendiri sejak awal sudah 'disimpan' dalam bodi ponsel, dan menawarkan sentuhan yang lebih akurat dari jari manusia.

Huruf S dari S Pen mengacu pada kata smart yang maksudnya kemampuan pintar stylus lewat tombol yang ada di sisinya. Tombol ini masih ada sampai S Pen generasi terbaru dengan berbagai fungsi, seperti screenshot atau membuka aplikasi S Memo, dan lain sebagainya.

Galaxy Note 2

Samsung S PenSamsung S Pen Foto: Dok. Samsung

Pada S Pen generasi ke-2, Samsung melakukan sejumlah hal untuk meyakinkan banyak orang yang menganggap S Pen sebagai sebuah gimmick, alias tak berguna.

Dari segi dimensi, S Pen ini sedikit lebih panjang dan tebal, lalu ujungnya yang berbahan karet lebih besar dan terasa lebih mirip sebuah pensil. Sensitivitasnya pun ditingkatkan menjadi 1024.

Namun penambahan terbesar ada pada lapisan digitizer Wacom, yang membuat Galaxy Note 2 bisa mengenali saat S Pen ada di dekat layar, tanpa perlu menyentuh layar. Hal ini dimanfaatkan Samsung untuk fitur Air View, di mana pengguna bisa melihat dokumen, foto, dan bahkan video dengan mengarahkan S Pen ke layar tanpa menyentuh.

Galaxy Note 3

Samsung S PenSamsung S Pen Foto: Dok. Samsung

Perubahan besar pada S Pen generasi ke-3 ini ada pada bentuknya, yang menjadi simetris. Tak cuma itu, S Pen juga mendapat fitur Air Command, di mana ponsel akan mengeluarkan deretan aplikasi khusus S Pen untuk dipilih saat stylus itu dikeluarkan dari bodi ponsel.

Halaman selanjutnya: Galaxy Note 4 - Galaxy Note 7...



Simak Video "Hands-on Galaxy S21 Ultra Harga Rp 22 Juta"
[Gambas:Video 20detik]