Sejarah Samsung Galaxy S Pen Dari Masa ke Masa - Halaman 3

Sejarah Samsung Galaxy S Pen Dari Masa ke Masa

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 21 Jan 2021 13:21 WIB
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dan S Pen
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dengan S Pen Foto: (Samsung)

Galaxy Note 8

Samsung S PenSamsung S Pen Foto: Dok. Samsung

Meski ponsel ini menawarkan banyak hal baru, namun S Pen yang dipakai terbilang 'main aman' dan tak banyak perubahan. Di sini, lebih banyak perbaikan dari fitur yang sudah ada.

Galaxy Note 9

Samsung S PenSamsung S Pen Foto: Dok. Samsung

Pada generasi inilah S Pen mulai menggunakan Bluetooth LE (low energy), yang membuat S Pen bisa dipakai sebagai remote control untuk beberapa fungsi. Seperti membuka kamera, memotret, mengontrol musik, mengganti slide presentasi, dan lain sebagainya.

Pengisian baterainya dilakukan saat S Pen dimasukkan dalam bodi ponsel. Pengisian selama 40 detik cukup untuk penggunaan 30 menit, atau sekitar 200 klik. Samsung pun membuka software development kit S Pen ke developer, jadi mereka bisa mengintegrasikan S Pen ke dalam aplikasi buatannya.

Adobe dan Autodesk salah satu yang memanfaatkannya, juga banyak aplikasi lain yang kemudian ikut memanfaatkan S Pen.

Galaxy Note 10

Samsung S PenSamsung S Pen Foto: Dok. Samsung

Fitur Bluetooth dari generasi sebelumnya disempurnakan di S Pen generasi ke-10. Seperti kemunculan fitur Air Doodle.

Samsung pun memberikan aplikasi editor video baru, yang memanfaatkan kemampuan S Pen. Aplikasi Notes juga kebagian fitur optical character recognition untuk mengenali tulisan tangan dan mengubahnya menjadi teks.

Galaxy Note 20

Samsung S PenSamsung S Pen Foto: Dok. Samsung

Pada generasi ini, penambahan fiturnya tak kasat mata, namun bukan berarti tak penting. Samsung mengurangi latensi layarnya menjadi 9ms, yang membuat penggunaan S Pen bisa lebih akurat dan natural.

Tampaknya, S Pen pada tahap ini sudah maksimal (atau optimal) dari segi fitur dan fungsionalitas. Tak terbayang fitur apa yang bakal ditambahkan Samsung pada S Pen generasi ke depannya.



Simak Video "Hands-on Galaxy S21 Ultra Harga Rp 22 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)