Di iOS 14 Pengguna Akan Diingatkan Jika Gunakan Modul Kamera Palsu

Di iOS 14 Pengguna Akan Diingatkan Jika Gunakan Modul Kamera Palsu

Josina - detikInet
Rabu, 20 Jan 2021 14:24 WIB
TOKYO, JAPAN - MARCH 31:  A customer tries an Apple Inc. iPhone SE at the companys Omotesando store on March 31, 2016 in Tokyo, Japan. Apple Inc. launched its iPhone SE and iPad Pro 9.7 inch on March 31, 2016 in Japan. (Photo by Tomohiro Ohsumi/Getty Images)
Foto: Tomohiro Ohsumi/Getty Images
Jakarta -

Salah satu alasan melakukan perbaikan perangkat di service center Apple yang resmi sangat mahal adalah suku cadang yang digunakan asli.

Ini artinya, saat perangat pengguna sedang diperbaiki di tempat resmi maka ada jaminan jika bagian yang diganti tersebut adalah asli.

Namun seringkali karena terbentur biaya mahal, pengguna kerap memilih perbaikan di tempat tidak resmi karena biayanya lebih terjangkau namun suku cadang tidak dapat dipastikan keasliannya.

Meski demikian hal tersebut tidak masalah bagi pengguna, akan tetapi kini Apple ingin agar penggunanya tetap waspada dan tahu jika perangkat mereka setelah diperbaiki menggunakan suku cadang yang palsu.

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Rabu (20/1/2021) pemberitahuan peringatan dari Apple ini akan hadir pada pembaruan iOS 14.4 sebuah fitur yang akan memperingatkan pengguna apabila modul kameranya tidak asli.

Fitur ini sebelumnya sudah ada di mana Apple akan memperingatkan pengguna jika perangkat tersebut memiliki bagian layar dan baterai yang tidak asli.

Peringatan ini tidak akan mencegah pengguna untuk menggunakan perangkat atau kamera mereka, akan tetapi ini hanya sebagai pengingat bahwa jika pengguna belum bisa membedakan mana suku cadang yang palsu.

Mengutip dari 9to5Mac, jika pengguna menggunakan komponen palsu maka akan muncul pesan, "Tidak dapat memverifikasi bahwa iPhone ini memiliki kamera Apple asli". Sayangnya belum jelas apakah fitur tersebut akan berlaku untuk semua tipe iPhone atau hanya model iPhone 12 saja.

Peringatan tersebut tidak akan mempengaruhi cara kerja kamera. Namun komponen kamera yang tidak asli pastinya tidak memiliki kualitas sama dengan perangkat keras Apple yang asli.

Dengan adanya fitur peringatan suku cadang palsu, Apple tentu saja akan merekomendasikan para pengguna untuk melakukan perbaikan perangkatnya di Apple Store atau Apple Authorized Service Provider (AASP) untuk mendapatkan perbaikan bersertifikat.



Simak Video "Gara-gara Ini, Facebook Dikabarkan Bakal Gugat Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)