Mengintip Fitur Kamera Galaxy S21 Ultra

Mengintip Fitur Kamera Galaxy S21 Ultra

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 16 Jan 2021 10:50 WIB
Samsung Galaxy S21
Galaxy S21 Ultra. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Kamera menjadi fitur utama yang ditawarkan Galaxy 21 Ultra. Samsung mengklaim kualitasnya sekelas profesional.

"Setiap momen ada akan menjadi epik dengan pro grade camera di Galaxy S21 series," klaim Verry Octavianus, Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Samsung memasang empat kamera di bagian belakangnya. Kamera utamanya berukuran 108 MP, bersanding dengan 12 MP ultra wide, telephoto 10 MP dan telephoto periskop 10 MP.

Raksasa teknologi asal Negeri Gingseng ini menggunakan sensor ICOCELL HM3 pada kamera utama Galaxy S21 Ultra. Diklaim dapat menangkap gambar yang lebih tajam dan hidup dalam resolusi super tinggi dengan auto fokus yang lebih cepat dan rentang dinamis yang diperluas.

"ISOCELL HM3 adalah puncak dari teknologi sensor terbaru Samsung yang akan membantu memberikan pengalaman seluler premium kepada pengguna perangkat pintar saat ini," terang Duckhyun Chang, Executive Vice President of The Sensor Business Samsung Electronics.

HM3 memiliki ukuran 1/1,33 inch yang menggunakan pixel 0,8μm. Sensor ini dapat melakukan pixel-binning Nonacell 9-in-1 untuk menghasilkan gambar berukuran 12MP.

Galaxy S21 UltraGalaxy S21 Ultra Foto: Samsung

Samsung ISOCELL HM3 menawarkan fitur Super PD Plus yang ditingkatkan dengan menambahkan lensa mikro yang dioptimalkan AF melalui agen pemfokusan deteksi fase, meningkatkan akurasi pengukuran agen hingga 50%.

Solusi phase detection auto-focusing yang ditingkatkan membantu menjaga subjek bergerak dalam fokus yang tajam. Dan memberikan hasil yang optimal di lingkungan yang gelap.

Dibekali Smart ISO Pro, teknologi HDR yang mengandalkan solusi intra-scene dual conversion gain (iDCG) yang menangkap frame dalam ISO tinggi dan rendah, lalu menggabungkannya menjadi satu gambar dalam kedalaman warna 12-bit dengan pengurangan noise.

Karena Smart ISO Pro tidak memerlukan bidikan multi eksposur untuk membuat gambar HDR standar, sehingga dapat mengurangi artefak gerakan secara signifikan. Selain itu dengan memanfaatkan mode noise rendah dapat meningkatkan sensitivitas cahaya hingga 50% untuk menangkap foto yang lebih terang dan detail dalam skenario cahaya rendah.

Galaxy S21 UltraGalaxy S21 Ultra Foto: undefined

Tata letak pixel HM3 secara khusus diatur dalam struktur warna tunggal tiga kali tiga yang cocok untuk nine binning pixel. Dengan menggabungkan sembilan pixel bersebelahan, HM3 108Mp meniru sensor gambar 12Mp dengan pixel 2,4μm besar, meningkatkan sensitivitas cahaya saat mengambil foto di kondisi low-light. Dengan IP hardware binning yang lebih baik, HM3 mendukung transisi mulus antara resolusi 108Mp dan 12Mp.

Samsung mengklaim telah mengurangi penyerapan energi dalam mode preview hingga 6,5%. Ini berkat desain sensor baru pada ISOCELL HM3.

Fitur Kamera

Galaxy S21 Ultra menawarkan perekaman video 4K 60K di semua kamera, baik depan dan belakang.

Tersedia opsi RAW 12-bit sehingga tidak akan melewatkan satu detail pun saat mengedit foto. Saat memperbesar kamera S21 Ultra, kamu tidak perlu khawatir akan mengorbankan kejernihan
gambar.

Galaxy S21 Ultra memiliki fitur 100x Space Zoom yang didukung oleh sistem lensa dual-tele, masing-masing punya kemampuan zoom 3x dan 10x, serta dilengkapi Dual Pixel (2PD) AF. Sehingga dapat menangkap gambar lebih detail ketika berada jauh dari obyek foto.

Ditambah lagi fitur Zoom Lock yang mengunci objek agar tetap fokus saat menggunakan zoom di atas 20x.

Samsung Galaxy S21Samsung Galaxy S21 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Adapula sensor Bright Night yang ditingkatkan di Galaxy S21 Ultra. Fitur tersebut mampu mengurangi noise saat foto di kondisi gelap sekalipun.

Tidak kalah menarik Director's View yang memungkinkan pengguna melihat, beralih, dan memilih bidikan terbaik untuk dari semua kamera di Galaxy S21 Ultra. Rekam video dengan kamera depan dan belakang sekaligus dan dapat gampang diubah dari sudut layar.

Selain Super Steady, Samsung masih mempertahankan Single Take yang populer. fitur ini memungkinkan pengguna menangkap berbagai format foto dan video dengan satu ketukan.

Satu lagi ada Portrait Mode, memadukan AI dan kemampuan analisis 3D sehingga bisa memisahkan subjek dari latar belakang dengan lebih akurat. Dalam mode ini diberikan beberapa opsi yakni pencahayaan studio virtual dan efek latar belakang AI.



Simak Video "Hands-on Galaxy S21 Ultra Harga Rp 22 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)