Deretan Teknologi Baru di TV Sony Bravia 2021

CES 2021

Deretan Teknologi Baru di TV Sony Bravia 2021

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 12 Jan 2021 09:36 WIB
Sony Bravia 2021
Foto: Dok. Sony
Jakarta -

Sony menyiapkan deretan TV Bravia barunya yang bakal dipamerkan di CES 2021. Apa saja teknologi barunya?

Deretan TV Bravia baru ini bakal tersedia dalam pilihan panel LED dan OLED, dengan ukuran dari 50 sampai 100 inch. TV tersebut bakal dilengkapi HDMI 2.1, antarmuka Google TV dan prosesor baru yang bernama Cognitive Processor XR.

Kehadiran HDMI 2.1 ini terbilang penting, karena standar ini yang dipakai di PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Series X yang ingin memainkan game di resolusi 4K dengan frame rate 120fps.

Namun selain itu, pemakaian Cognitive Processor XR, bisa dibilang adalah peningkatan fitur terbesar dibanding Bravia generasi sebelumnya. Ini adalah chip pemroses gambar dan suara terbaru dari Sony yang diklaim bisa menyesuaikan pengaturan gambar dan suara berdasar lingkungan sekitar.

Berbeda dibanding AI konvensional, yang disebut hanya bisa mendeteksi dan menganalisa elemen gambar seperti warna, kontras, dan detil, prosesor baru ini diklaim bisa melakukan analisa beberapa elemen sekaligus, seperti otak manusia.

Chip ini bakal menganalisa sejumlah aspek di sekitar TV untuk melakukan pengaturan agar optimal. Termasuk menganalisa posisi suara dari sumber, dan menyesuaikan dengan gambar yang ada, juga melakukan upscalling elemen suara tradisional menjadi 3D surround sound.

Deretan TV baru ini juga mendukung variable refresh rate dan mode auto low latency. Selain itu, standar HDR yang dipakai adalah Dolby Vision HDR, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Selasa (12/1/2021).

Untuk varian flagship yang berkode X9J, menggunakan panel OLED dengan resolusi 8K. Ukuran panelnya adalah 85 dan 75 inch. Sementara untuk A90J adalah Master Series 4K OLED punya ukuran 55, 65, dan 83 inch.

Sementara untuk versi yang lebih murah adalah A80J, menggunakan panel OLED dengan ukuran 55 sampai 88 inch. Yang termurah adalah X90J, menggunakan panel LED dengan resolusi 4K, namun punya ukuran maksimal 100 inch.

Soal harga dan ketersediaannya untuk saat ini belum diungkap, dan baru akan dipublikasikan pada ajang CES 2021 yang digelar beberapa hari ke depan.



Simak Video "Momen Robot Perseverance Mulai Jelajahi Planet Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)