Huawei Dikabarkan Sedang Kembangkan Chip 3nm

Huawei Dikabarkan Sedang Kembangkan Chip 3nm

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 04 Jan 2021 09:17 WIB
kirin
Huawei Dikabarkan Sedang Kembangkan Chip 3nm Foto: internet
Jakarta -

Baru beberapa bulan berlalu sejak Huawei mengenalkan chipset Kirin 9000 yang mentenagai seri Mate 40. Kini seorang pembocor gadget mengatakan Huawei sedang mengembangkan chipset flagship berikutnya yang disebut Kirin 9010.

Rumor tentang chipset Kirin generasi baru ini datang dari tipster @RODENT950 di Twitter. Dalam cuitannya, @RODENT950 mengatakan chipset ini akan menggunakan proses 3nm, seperti dikutip dari Gizmochina, Senin (4/1/2021).

Hal ini cukup mengejutkan karena banyak yang mengira Huawei akan menggunakan chip dengan proses 5nm setidaknya hingga dua tahun ke depan.

Apalagi chip 5nm masih terbilang sangat baru. Setelah Huawei mengumumkan Kirin 9000, Samsung langsung mengikuti dengan Exynos 1080, yang kemudian disusul Qualcomm Snapdragon 888.

Dalam cuitan selanjutnya, @RODENT950 mengatakan ada kemungkinan Kirin 9010 akan dikenalkan pada kuartal kedua tahun 2021. Ini artinya chip ini mungkin akan mentenagai seri Mate 50 yang diprediksi meluncur pada kuartal keempat.

Tapi yang masih menjadi pertanyaan adalah siapa yang akan memproduksi chip ini. Saat ini Huawei masih tidak bisa memesan produksi chip ke TSMC karena masih masuk dalam daftar hitam perdagangan. Sementara pabrik chip Huawei masih belum secanggih itu untuk memproduksi chip 3nm.

TSMC juga sebelumnya dikabarkan baru bisa memproduksi chip dengan proses 3nm pada tahun 2022, dan Apple sudah memesan chip 3nm dalam jumlah besar ke perusahaan asal Taiwan ini.

Jika rumor tentang chip 3nm dari Huawei benar, bukan tidak mungkin produsen chip lainnya juga akan beralih ke proses 3nm untuk chipset generasi berikutnya. Samsung sebelumnya dikabarkan akan melewati proses 4nm dan langsung lompat ke 3nm.

Sementara Qualcomm dilaporkan akan meluncurkan Snapdragon 888 Plus yang sama-sama menggunakan proses 5nm seperti saudaranya tapi dengan clock speed yang lebih tinggi.



Simak Video "Huawei Rilis Ponsel Lipat Mate X2 di China"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)