Sssttt... Ini Bocoran Soal iPhone 13

Sssttt... Ini Bocoran Soal iPhone 13

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 02 Jan 2021 20:00 WIB
iPhone 13
Bocoran iPhone 13. Foto: iTechua
Jakarta -

Belum lama iPhone 12 dirilis, namun kabar sang penerusnya sudah menyeruak. Sejumlah perubahan bakal bakal hadir di perangkat iPhone 13, berikut bocorannya!

Pertama layarnya, Apple bakal memberikan dukungan refresh rate 120 Hz pada layar iPhone terbaru. Rumor ini sejatinya bukan sesuatu yang baru.

Sebab sudah sejak lama kabar Apple bakal mengadopsi refresh rate 120 Hz pada ponselnya. Kala itu diprediksi bakal hadir di iPhone 12.

Sayangnya ketika diluncurkan prediksi tersebut meleset, iPhone 12 masih menggunakan layar 60Hz. Konon pandemi COVID-19 menjadi biang keroknya.

Karenanya banyak yang yakin sang penerus iPhone 12 yang akan membawa layar 120Hz. Hanya saja tidak semua varian diberikan.

iPhone 13iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max usung layar 120Hz. Foto: iTechua

Menurut laporan ET News, hanya iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max saja yang mendapatkannya. Kedua ponsel ini akan menggunakan panel LTPO OLED 120Hz. Sementara iPhone 13 dan iPhone 13 Mini memakai panel LTPS OLED 60Hz.

Samsung, LG dan BOE Display akan menjadi pemasok semua panel iPhone 13 series.

Bocoran lainnya terkait soal port. Alih-alih menggantikan lightning menjadi USB Type C, Apple kabarnya pilih menghilangkan port charger.

Rumor ini sebenarnya sudah sampai di telinga sudah lama. Tapi sempat dianggap angin lalu hingga Apple mengumumkan iPhone 12 tidak dilengkapi charger dalam paket pembeliannya dan memperkenalkan MagSafe untuk isi ulang secara wireless.

Wireless charger MagSafe untuk iPhone 12Wireless charger MagSafe untuk iPhone 12 Foto: Apple

Dengan adanya aksesori tersebut, Apple 'melatih' pengguna iPhone untuk tidak lagi bergantung pada pengisian kabel dan mulai membiasakan diri dengan charger wireless. Sehingga ketika iPhone benar-benar menghilangkan port lightning, pengguna sudah tidak kaget.

Dengan kurangnya port tentu membuat ketahanan akan air bisa meningkat lagi. Tapi port lightning selama ini tidak sekadar untuk isi ulang, dipakai juga untuk koneksi data ke PC atau Mac.

Apple mungkin sudah menyadari permasalahan tersebut dan menyiapkan solusinya. Seperti apa kita tunggu saja September mendatang, kabarnya di bulan tersebut Apple akan merilis iPhone 13, bukan Oktober seperti tahun lalu.



Simak Video "Mengintip Kebolehan Kamera iPhone 13 Pro dan Pro Max"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)