Inikah Wujud iPhone Flip, Ponsel Layar Lipat Apple?

Inikah Wujud iPhone Flip, Ponsel Layar Lipat Apple?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 01 Jan 2021 15:30 WIB
Rekaan wujud iPhone Flip
Rekaan wujud iPhone Flip. Foto: istimewa
Jakarta -

Tinggal menunggu waktu bagi Apple untuk mengeluarkan iPhone layar lipat, kadang disebut sebagai iPhone Flip. Bocoran terbaru menyatakan Apple telah menentukan desain iPhone fleksibel pilihan mereka.

Dalam video yang diposting oleh analis Apple, Jon Prosser, disebutkan bahwa Apple sedang mengujicoba prototipe ponsel layar lipat bergaya clamshell atau kerang. Berarti bentuknya seperti smartphone biasa saat dibuka dan dapat terlipat ke dalam menjadi lebih kecil.

Desain itu sudah digunakan oleh beberapa pabrikan, seperti generasi baru Motorola Razr. Tahun silam, juga ada Samsung Galaxy Z Flip dengan wujud yang sama. Desain lainnya adalah dua perangkat terpisah yang disatukan engsel, tapi tampaknya Apple akan memilih ponsel layar lipat murni.

Seperti dikutip detikINET dari Tom's Guide, Prosser menyebutkan Apple sedang menguji iPhone layar lipat itu di salah satu pabrik rekanannya, Foxconn, pertama dengan menjajal ketahanan konstruksi clamshell-nya. Menurut sumbernya, iPhone Flip kemungkinan meluncur pada akhir tahun 2022 atau awal tahun 2023.

Uji coba iPhone Flip di Foxconn itu bukan berita baru. Pada bulan silam, kabarnya Apple meminta Foxconn untuk mengevaluasi komponen lipatan dengan dibuka tutup lebih dari 100.000 kali dalam proses uji coba.

Laporan ini mencatat uji coba serupa juga dilakukan untuk laptop biasa agar bisa dibuka tutup hingga 20.000 atau 30.000 kali. Karena iPhone lipat kemungkinan lebih sering dibuka tutup dibandingkan laptop biasa, maka cukup wajar jika Apple memiliki syarat yang lebih ketat.

Rumor tentang Apple mengembangkan iPhone layar lipat sudah berhembus sejak tahun 2016. Perusahaan asal Cupertino, AS ini juga telah mendaftarkan beberapa paten desain iPhone layar lipat atau iPhone Flip.



Simak Video "Gara-gara Ini, Facebook Dikabarkan Bakal Gugat Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)