MacBook Air dan Pro Berotak Apple M1 Segara Hadir di Indonesia - Halaman 3

MacBook Air dan Pro Berotak Apple M1 Segara Hadir di Indonesia

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 10 Des 2020 07:45 WIB
Apple resmi merilis MacBook Air dan MacBook Pro 13 inch. Menariknya kedua perangkat ini menjadi laptop pertama yang ditenagai chipset M1.
MacBook Air, MacBook Pro dan Mac Mini yang berotak Apple M1 segera hadir di Indonesia. Foto: Apple

Mac Mini

Ini adalah Mac mini baru pertama yang diluncurkan Apple sejak tahun 2018. Apple mengklaim Mac mini baru 60% lebih hemat daya berkat chip M1. Mac mini bisa dilengkapi dengan RAM hingga 16GB dan SSD hingga 2TB.

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, Los Angeles ini juga mengklaim Mac mini memiliki CPU yang tiga kali lebih cepat dan grafis yang enam kali lebih cepat. Apple mengatakan Mac mini bisa digunakan dengan dua display eksternal, satu dengan resolusi hingga 6K dan lainnya hingga 4K.

Opsi DisplayPort yang tersedia termasuk dua port Thunderbolt/USB 4/ port Ethernet, port HDMI 2.0 dan port headphone 3,5mm. Tapi Mac mini baru memiliki port Thunderbolt yang lebih sedikit dibandingkan versi tahun 2018 yang menggunakan chip Intel.

Apple M1Mac Mini Foto: screenshot/detikINET

Dengan chip M1, Apple mengklaim Mac mini bisa menjalankan beberapa tugas lebih cepat dari pendahulunya. Misalnya memainkan game Shadow of the Tomb Raider dengan frame rate yang empat kali lebih tinggi dan proses render di Final Cut Pro yang enam kali lebih cepat.

Mac mini adalah perangkat ketiga Apple yang menggunakan chip M1 setelah Macbook Air dan Macbook Pro. Tapi Apple masih menjual Mac mini dengan chip Intel Core i5 dan i7 generasi kedelapan untuk versi high end.

Varian Mac mini yang menggunakan chip Intel memiliki warna yang berbeda yaitu Space Gray (varian M1 memiliki warna Silver). Varian ini juga mendukung tiga display dengan resolusi hingga 4K atau satu display 5K dan satu display 4K. Mac mini yang menggunakan Intel juga mendukung RAM hingga 64GB, sementara varian M1 mentok di 16GB.



Simak Video "Pesona MacBook Air dan Pro yang Diklaim Makin Ngebut"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)