Ini HP yang Paling Laris di Indonesia pada Q3 2020

Ini HP yang Paling Laris di Indonesia pada Q3 2020

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 26 Nov 2020 17:53 WIB
Woman using smartphone. The concept of using the phone is essential in everyday life.
Ini HP yang Paling Laris di Indonesia pada Q3 2020 (Foto: iStock)
Jakarta -

Dalam laporan riset pasar sepanjang kuartal ketiga 2020 yang dirilis IDC mengungkap sejumlah handphone (HP) yang laris di pasaran Indonesia. Sehingga berkontribusi pada pangsa pasar lima vendor ponsel teratas.

IDC mencatat sebanyak 10,6 juta unit HP dikapalkan sepanjang Juli hingga September 2020. Angka tersebut menorehkan rekor pengiriman kuartal tertinggi.

Peningkatan penggunaan smartphone untuk aktivitas pembelajaran jarak jauh mendorong pemulihan yang kuat di kuartal ketiga tahun ini. Menurut IDC angka pertumbuhan mencapai 49% dari kuartal kedua 2020 dan 21% dari periode yang sama tahun lalu.

IDC juga melihat terjadi pertumbuhan yang sangat signifikan pada segmen HP terjangkau. Tercatat pertumbuhan tahunan mencapai 20%, ini membuat pangsa pasar HP ultra low end menjadi 16% di Indonesia.

Seperti disebut di awal, ada sejumlah HP yang telah menyumbang sebagian besar pengapalan ponsel ke Indonesia di kuartal ketiga 2020, kebanyakan di segmen low end. Adapun perangkat tersebut meliputi:

Vivo

Model Y12i, Y20, Y30i telah membuat Vivo bertahan di posisi nomor satu di pasar HP Indonesia.

Oppo

Seri A53 dan Reno 4 menyumbang sebagian besar pengapalan Oppo di kuartal ketiga 2020.

Xiaomi

Redmi 8A Pro, Redmi 9A, Redmi 9C dan Redmi 9 telah membuat Xiaomi melesat kuartal kali ini. Keempat ponsel ini membuat perusahaan besutan Lei Jun itu begitu kuat di segmen ponsel di bawah Rp 2 juta.

Samsung

Meski merilis banyak ponsel di sepanjang Juli hingga September, Galaxy A01 Core yang rupanya banyak diminati. Sampai-sampai Galaxy A01 Core menyumbang sepertiga dari total pengiriman HP Samsung di kuartal ketiga 2020, bisa dibayangkan jumlah unit yang terjual?

Realme

Realme C11 sukses mengancam seri Redmi 8 dan 9. Tidak heran Realme jadi rajin merilis seri C di Indonesia.

Nah detikers dari sekian banyak perangkat yang disebutkan tadi, ada tidak HP yang kamu gunakan? Tulis di kolom komentar ya alasan kamu memilihnya.



Simak Video "Unggulan Baru, vivo V20 Punya 44MP Eye Autofocus dan Sleek Design"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)