5 Tips Memotret Makanan dan Produk Pakai HP

5 Tips Memotret Makanan dan Produk Pakai HP

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 24 Nov 2020 10:19 WIB
Peluncuran Samsung Galaxy A21s
Ian Agisti Rani, Merchant Community and Engagement Lead Bukalapak; Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia; dan Berry Phan, Founder Jasafotojakarta (foto: Dok. Samsung)
Jakarta -

Dengan perkembangan HP, terutama di sektor kameranya, yang ada saat ini, kualitasnya terbilang mumpuni untuk sejumlah kebutuhan.

Contohnya adalah memotret produk atau makanan yang mau dijual lewat toko online. Namun, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memotret produk atau makanan menggunakan ponsel.

Founder Jasafotojakarta Berry Phan membagikan lima tips memotret produk dan makanan menggunakan ponsel, yang ia beberkan dalam acara Galaxy Creator Workshop bertajuk "Create Awesome Content for Your Business", yang juga jadi peluncuran varian baru dari Samsung Galaxy A21s.

Ada satu hal penting yang menurut Berry harus diperhatikan saat memotret produk menggunakan ponsel, yaitu cahaya. Namun bukan berarti anda harus menggunakan lampu-lampu fotografi yang besar dan mahal untuk melakukan pemotretan produk.

Sumber cahaya natural alias dari matahari yang melewati jendela, saat dipakai dengan tepat, bahkan bisa membuat foto yang menawan. Berikut adalah lima tips memotret produk pakai HP yang dibeberkan oleh Berry.

  1. Perhatikan arah cahaya, baik itu dari belakang (backlight) atau dari samping (sidelight). Menurutnya, cahaya yang berasal dari samping atau belakang ini bisa memberikan dimensi pada produk atau makanan yang mau difoto.
  2. Selain arah cahaya, intensitasnya juga harus diperhatikan. Jangan terlalu 'keras' atau juga terlalu lembut. Jarak produk dari jendela menurut Berry bisa disesuaikan dengan intensitas cahaya, kurang lebih 1 meter. Jika cahaya terlalu keras, anda bisa memanfaatkan vitrage (gorden yang semi transparan) untuk mengurangi intensitasnya.
  3. Maksimalkan ponsel. Memotret menggunakan ponsel terbilang jauh lebih simpel ketimbang menggunakan DSLR/mirrorless, karena tak perlu repot memilih lensa. Anda hanya perlu mengoptimalkan pengaturan dalam menu kameranya.
  4. Pilih properti yang tepat. Properti bisa dipilih yang warnanya senada dengan background. Namun harus diingat, ukurannya jangan melebihi ukuran produk yang akan difoto karena akan mengalihkan 'perhatian' dari objek yang ingin ditonjolkan.
  5. Jangan lupakan negative space. Menurut Berry, kita harus menyisakan 'ruang kosong' dalam frame foto, alias jangan dipenuhi oleh objek dan berbagai properti. Ruang ini nantinya bisa diisi dengan berbagai teks yang menjelaskan si objek.

"Konten produk yang menarik merupakan hal yang krusial untuk membuat bisnis kamu stand out dan ga kalah bersaing dengan toko online lainnya. Menurutku Galaxy A21s ini cocok banget buat para pebisnis online yang ingin naik level karena teknologi Quad Camera-nya sangat mumpuni untuk menghasilkan konten yang Awesome," ucap Berry dalam acara virtual tersebut.

Foto produk yang menarik ini juga disebut sebagai aspek paling penting untuk menarik calon pembeli dalam mengklik produk tersebut. Hal ini diutarakan oleh Ian Agisti Rani, Merchant Community and Engagement Lead Bukalapak dalam acara yang sama.

Selain foto, menurutnya ada empat hal penting yang harus diperhatikan untuk bisa menarik calon pembeli. Yaitu, judul produk, harga, rating penjual, dan label penjual.



Simak Video "Unboxing Samsung Galaxy M51"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)