Samsung Bakal Rilis Exynos 1080 Bulan Ini

Samsung Bakal Rilis Exynos 1080 Bulan Ini

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 03 Nov 2020 06:34 WIB
Samsung Exynos Chipset
Foto: istimewa
Jakarta -

Samsung disebut bakal merilis Exynos 1080 pada 12 November mendatang, yaitu chip pertama mereka yang dibuat dengan proses 5nm.

Menurut Ice Universe, chip tersebut bakal dipamerkan dalam sebuah konferensi di Shanghai, China pada 12 November mendatang, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Selasa (3/11/2020).

Exynos 1080 tampaknya bakal menjadi penerus Exynos 980, chipset atau tepatnya system on a chip (SoC) kelas menengah Exynos 980 yang menjadi otak dari Galaxy A71 5G dan A51 5G.

CPU-nya sendiri akan menggunakan core utama Cortex-A78, sementara GPU-nya menggunakan Mali G78. Keduanya dianggap mempunyai peningkatan yang signifikan dibanding Exynos 980.



Ini juga pertama kalinya Samsung mengadakan acara khusus untuk memperkenalkan chip buatannya. Hal ini diasumsikan menjadi bukti kalau Samsung memang tengah menyeriusi chip buatannya itu.

Sebelumnya, chip Exynos seringkali dikritik karena punya performa lebih rendah dibanding rivalnya buatan Qualcomm. Hal ini membuat ponsel buatan Samsung punya performa berbeda, tergantung di mana ponsel tersebut dipasarkan.

Seperti diketahui, Samsung menggunakan chip buatan Qualcomm untuk ponselnya yang dipasarkan di Amerika Serikat dan China. Sementara itu di pasar lain, ponselnya menggunakan chip Exynos.

Kritik ini tampaknya membuat Samsung untuk melakukan perubahan signifikan terhadap chip buatannya. Seperti mereka tak lagi menggunakan CPU Mongoose buatannya, dan menggantinya dengan core buatan ARM. Begitu juga penggunaan GPU Mali yang kabarnya akan diganti dengan GPU buatan AMD mulai tahun depan.

Perubahan ini, setidaknya dari sisi CPU, sudah memperlihatkan hasilnya. Dalam bocoran skor benchmark Exynos 1080 yang sebelumnya beredar, skornya lebih tinggi dari Snapdragon 865 Plus yang dibuat dengan proses 7nm.

Padahal Exynos 1080 disebut bakal menjadi otak untuk ponsel kelas menengah. Sementara Snapdragon 865 Plus adalah SoC untuk ponsel flagship.



Simak Video "Kiat Buat Konten Menarik di Samsung Content Creator Class"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)