Pilih iPhone atau Android? Pikirkan Pertimbangannya - Halaman 2

Pilih iPhone atau Android? Pikirkan Pertimbangannya

Tim - detikInet
Selasa, 27 Okt 2020 08:50 WIB
Samsung Galaxy S9 Plus
Android vs iPhone. Foto: Yulius Dimas Wisnu Adi Winarto/detikINET

Hardware iPhone vs Android

Walaupun secara spesifikasi tidak segahar HP Android, iPhone biasanya lebih mulus pengoperasiannya, minim lag dan andal dalam multitasking. Karena dikontrol penuh Apple, integrasi software dan hardwarenya cenderung lebih baik.

Adapun HP Android biasanya performanya amat tergantung harga. HP Android di kelas high end mampu menyaingi pengalaman pemakaian iPhone walau dengan spek yang biasanya lebih tinggi. Semakin murah HP Android, biasanya makin tampak gejala lag dan sejenisnya.

Namun HP Android karena banyak modelnya, tak sedikit yang menawarkan hal-hal yang tidak ada di iPhone. Sebut saja colokan earphone, slot microSD sampai baterai lebih gahar dengan teknologi isi ulang lebih cepat. Belum lagi karena ketatnya kompetisi, kadang vendor Android mengeluarkan terobosan yang bagus.

Soal kamera, iPhone sejak lama dikenal menghasilkan foto yang berkualitas, walaupun mungkin secara resolusi dan jumlah lensa lebih sedikit dibandingkan HP Android. Namun demikian, HP Android zaman sekarang pun sudah menandingi kamera iPhone, bahkan melebihinya di model tertentu.

Kesimpulan iPhone vs Android

Jadi pilih yang mana, Android atau iPhone? iPhone menjanjikan pemakaian smartphone yang lebih stylish, mulus dan stabil, dengan interface yang mudah digunakan. Istilahnya tidak perlu mikir, tinggal pakai. Update software pun selalu rutin diberikan, bahkan iPhone generasi lama pun mendapatkan iOS generasi baru selama bertahun-tahun.

Sedangkan Android lebih bebas dan merdeka, istilahnya user bisa banyak mengutak atik software dan tampilan smartphone-nya. Integrasi layanan Google yang besar manfaatnya pun lebih mendalam. Model HP Android pun bermacam-macam, tak sedikit yang terasa lebih premium dari iPhone, bahkan ponsel layar lipat pun sudah ada. Jadi, tinggal pertimbangkan masak-masak dan jatuhkan pilihan.

(fyk/rns)