Paten Apple Gambarkan MacBook Pakai Trackpad Virtual

Paten Apple Gambarkan MacBook Pakai Trackpad Virtual

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 26 Okt 2020 08:15 WIB
paten macbook
Paten Apple Gambarkan MacBook Pakai Trackpad Virtual. Foto: Apple World Today
Jakarta -

Bayangkan jika laptop tidak punya trackpad. Orang bergantung sepenuhnya pada mouse untuk bernavigasi di layar. Itulah sebabnya, hampir semua laptop dilengkapi trackpad. Apple punya ide MacBook menggunakan trackpad virtual. Seperti apa ya?

Seperti kita tahu, konsep trackpad ini sudah ada selama beberapa dekade. Nah, tampaknya dengan paten terbaru yang didaftarkannya, Apple ingin mengubah 'tradisi' itu.

Berdasarkan paten yang ditemukan oleh Apple World Today, Apple menginginkan laptop MacBook di masa depan dapat hadir dengan trackpad virtual. Nantinya, trackpad ini bisa menyala dan diubah-ubah ukurannya sesuai kebutuhan pengguna.

"Perangkat elektronik juga dapat mencakup sekelompok elemen pemancar cahaya yang ditempatkan di bawah diffuser optik. Satu atau lebih dari lapisan kendali cahaya atau kelompok elemen pemancar cahaya dapat dikonfigurasi untuk menerangi area input dinamis untuk menampilkan batas yang terlihat dari daerah input aktif. Aalah satu ukuran atau posisi dari batas yang terlihat dapat berubah secara dinamis," demikian deskripsi paten tersebut seperti dikutip dari Apple World Today.

Ide ini terdengar menarik, meski kita belum mendapat gambaran apakah trackpad semacam ini akan lebih baik dari trackpad yang banyak digunakan saat ini.

Bisa saja, trackpad seperti yang digambarkan Apple hanya terasa lebih bagus dari segi estetika karena ketiadaan trackpad secara fisik memungkinkan perangkat terlihat lebih ramping.

Seperti biasanya, belum tentu Apple akan mewujudkan paten ini dalam produknya. Namun setidaknya, cukup menarik menantikan bagaimana evolusi MacBook di masa depan.



Simak Video "Sketsa MacBook Tanpa Trackpad Impian Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)