Rahasia Galaxy Z Fold2 Bisa Irit Baterai Meski Punya Layar Besar

Rahasia Galaxy Z Fold2 Bisa Irit Baterai Meski Punya Layar Besar

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 21 Okt 2020 16:51 WIB
Galaxy Z Fold 2
Rahasia Galaxy Z Fold2 Bisa Irit Baterai Meski Punya Layar Besar (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Semakin besar ukuran layar sebuah ponsel bakal berimbas pada konsumsi baterai. Lantas bagaimana dengan Galaxy Z Fold2 yang punya layar utama 7,6 inch?

Samsung menyadari betul hal ini. Karenanya mereka punya cara mengakali agar baterai Galazy Z Fold2 bisa tahan lama.

Pertama dari layarnya itu sendiri. Galaxy Z Fold2 menggunakan panel Hybrid Oxide Polysilicon (HOP) yang dapat bekerja secara adaptif.

Refresh rate menyesuaikan pada konten yang ditampilkan, jadi tidak selalu terpasang 120 Hz. Misalnya saat pengguna melihat konten statis seperti tulisan dan gambar, refresh rate layar Galaxy Z Fold2 di kisaran 1-11 Hz.

Galaxy Z Fold 2Galaxy Z Fold 2 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Sementara saat menonton video streaming di rentang 24-120 Hz. Saat bermain game refresh rate-nya di angka 48-120hz.

Nah kemampuan adaptif ini membuat penggunaan baterai jadi lebih optimal. Sehingga durasi pemakaian harian ponsel bisa lama.

Faktor kedua dari RAM yang digunakan. Seperti diketahui Samsung membekali ponsel layar lipat terbarunya dengan RAM LPDDR5.

Tidak hanya lebih cepat, RAM LPDDR5 jauh lebih hemat daya dari pendahulunya. Bayangkan konsumsi dayanya 20% lebih rendah.

Galaxy Z Fold 2Galaxy Z Fold 2 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Faktor ketiga yang jadi rahasia utama adalah penerapan dual baterai di masing-masing sisi. Hebatnya kedua bagian tersebut bekerja bersama sebagai satu kesatuan untuk menyuplai daya yang menunjang aktivitas pengguna seharian.

Agar tahan lama, Samsung memasang kecerdasan buatan atau AI yang telah ditingkatkan kemampuannya pada baterai Galaxy Z Fold2. AI akan secara aktif menyesuaikan penggunaan baterai agar ponsel tetap berjalan secara efisien meski melakukan multitasking, streaming, dan lainnya.

Setelah menggunakan seharian tidak perlu risau kalau baterai habis terpakai karena bisa dengan cepat terisi lagi. Samsung membekali Galaxy Z Fold2 dengan fitur fast charging 25W. Hanya butuh waktu 30 menit untuk mengisi 50%. Atau butuh 60-70 menit saja agar baterai terisi penuh.

Tertarik dengan Galaxy Z Fold2? Silahkan kunjungi www.galaxylaunchpack.com.



Simak Video "Hp Keren Tapi Rp 33 Juta, Hmm..."
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)