iPhone 13 Bakal Pakai Touch ID Bawah Layar?

iPhone 13 Bakal Pakai Touch ID Bawah Layar?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 18 Okt 2020 19:34 WIB
iPhone SE
iPhone 13 Bakal Pakai Touch ID Bawah Layar? Foto: Apple
Jakarta -

iPhone 12 mungkin baru saja diluncurkan, tapi bocoran tentang iPhone generasi selanjutnya mulai bermunculan. Kali ini rumor tersebut menyebutkan bahwa iPhone masa depan akan menggunakan Touch ID di bawah layar.

Rumor ini datang dari akun Twitter L0vetodream, pembocor gadget yang sebelumnya memberikan prediksi akurat tentang produk Apple. Baru-baru ini akun tersebut mengungkap detail tentang lini iPhone 12, HomePod mini dan Apple Watch Series 6.

Dikutip detikINET dari Apple Insider, Minggu (18/10/2020) dalam cuitannya L0vetodream menuliskan 'MESA uts for iPhone' yang jika dibaca terlihat seperti kode rahasia.

Ternyata cuitan ini mengacu pada Mesa, kode internal yang Apple gunakan untuk Touch ID. Sementara itu 'uts' adalah singkatan dari under the screen atau di bawah layar.

Rumor tentang sensor sidik jari bawah layar untuk iPhone sebenarnya sudah beredar sejak beberapa tahun yang lalu, bahkan sebelum iPhone X meluncur. Apple memang konsisten menggunakan Face ID untuk ponsel flagshipnya sejak itu, tapi selalu ada paten baru yang menunjukkan Apple masih mengembangkan Touch ID di bawah layar.

Contohnya dua paten yang diterbitkan pada Juli lalu yang memperlihatkan berbagai metode untuk mengatasi masalah terkait sensor sidik jari optikal di bawah layar. Beberapa paten Apple juga mengindikasikan mereka telah lama ingin menghadirkan Touch ID dan Face ID di perangkat yang sama.

Analis ternama Ming-Chi Kuo pada tahun 2019 juga memprediksi bahwa Apple akan merilis setidaknya satu iPhone dengan sensor sidik jari bawah layar pada 2021. Itu artinya iPhone 13 kemungkinan akan hadir dengan teknologi seperti Touch ID.

Memiliki Touch ID dan Face ID dalam iPhone bisa memberi banyak keuntungan bagi penggunanya, seperti autentikasi dual-biometrik yang bisa menambahkan tingkat keamanan.

Apalagi di era pandemi seperti sekarang yang mengharuskan semua orang menggunakan masker yang membuat Face ID tidak bisa bekerja optimal. Jadi pengguna iPhone bisa menggunakan Touch ID untuk membuka ponselnya jika wajahnya tertutup masker.



Simak Video "Bocoran iPhone 12 yang Siap Meluncur Malam Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)