Microsoft Rilis Laptop Murah Pesaing Chromebook

Microsoft Rilis Laptop Murah Pesaing Chromebook

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 02 Okt 2020 12:26 WIB
Microsoft Surface Laptop Go
Foto: Dok. Microsoft
Jakarta -

Microsoft merilis produk baru bernama Surface Laptop Go, yang merupakan salah satu perangkat Surface dengan harga paling murah.

Surface Laptop Go dijual dengan harga USD 549, hanya kalah murah dibanding Surface Go 2 yang harganya USD 399. Dilihat dari segi desain, Surface Laptop Go tampaknya mengincar pasar pengguna Chromebook.

Sama seperti Surface Go 2, ada beberapa komponen yang dikorbankan di Surface Laptop Go agar harganya bisa lebih murah, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (2/10/2020).

Dari luar, Surface Laptop Go terlihat sama dengan seri Surface lain, namun dengan bodi yang terlihat lebih kecil dan juga lebih ringan. Layarnya 12,4 inch (Surface Laptop 3 layarnya 13,5 inch), namun dengan resolusi yang lebih kecil juga, yaitu 1536 x 1024 pixel dengan rasio 3:2.

Bobotnya pun hanya 2,45 pon atau 1,1 kg, lebih ringan dari MacBook Air dan kebanyakan Chromebook serta kebanyakan laptop Windows di kelas harga ini. Meski kecil dan ringan, keyboardnya tetap punya travel 1,3mm dan trackpad Windows Precision yang besar.

Namun tak seperti Surface Go, Surface Laptop Go dilengkapi prosesor beneran , yaitu Intel Core i5 gen ke-10 (1035G1), bukan Intel Pentium Gold seperti yang ada di Surface Go.

Sayangnya, pengurangan spesifikasi malah terjadi di kapasitas RAM yang hanya 4GB serta pilihan storage, yaitu chip eMMC 64GB. Keduanya bisa dibilang adalah komponen penting untuk laptop Windows di tahun 2020 ini.

Masalahnya, ada laptop Windows dengan kelas harga yang sama mempunyai RAM 8GB dan storage SSD 512GB, bahkan layarnya pun lebih besar, 15 inch 1080. Yaitu Acer Aspire 3.

Soal port, ada satu USB-C dan satu USB-A, serta port audio 3,5mm dan port charging Surface Connect. Webcamnya punya resolusi 720p namun tak kompatibel dengan Windows Hello, yang digantikan dengan sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol power (tak tersedia di varian termurah).

Koneksi nirkabelnya didukung WiFi 6, dan baterainya bisa diisi dari kosong sampai 80% dalam waktu satu jam. Laptopnya sendiri mulai dikapalkan pada 13 Oktober mendatang.



Simak Video "Microsoft Akan Genjot Bukalapak Rp 1,46 T"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)