Apple Ingin Baterai iPhone Masa Depan Dibuat dari Sel Bahan Bakar Hidrogen

Apple Ingin Baterai iPhone Masa Depan Dibuat dari Sel Bahan Bakar Hidrogen

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 30 Sep 2020 18:50 WIB
baterai iphone
Apple Ingin Baterai iPhone Masa Depan Dibuat dari Sel Bahan Bakar Hidrogen. Foto: iFixit
Jakarta -

Salah satu kelemahan dari teknologi baterai saat ini adalah tidak tahan lama. Smartphone atau laptop yang bisa bertahan seharian hanya satu kali isi ulang baterai saja sudah paling bagus. Nah, Apple mungkin saja membuat baterai iPhone dan MacBook-nya di masa depan lebih tahan lama dengan jenis baterai baru.

Dalam paten terbaru yang dilaporkan AppleInsider, Rabu (30/9/2020) tampaknya Apple sedang menjajal ide untuk menggunakan sel bahan bakar hidrogen sebagai memberi daya pada iPhone dan laptop MacBook. Apple menyinggung masalah lingkungan yang timbul akibat dari penggunaan teknologi baterai saat ini, dan keuntungan dari sel bahan bakar hidrogen sebagai solusinya.

"Ketergantungan negara kita pada bahan bakar fosil secara terus-menerus telah memaksa pemerintah kita mempertahankan hubungan politik dan militer yang rumit dan tidak stabil dengan Timur Tengah. Hal ini juga menimbulkan bahaya pada garis pantai dan masyarakat, terkait pengeboran lepas pantai," kata Apple.

Dalam pernyataannya, Apple juga mengatakan bahwa sel bahan bakar hidrogen untuk baterai memiliki sejumlah keunggulan. Sel bahan bakar ini berpotensi mencapai kepadatan energi volumetrik dan gravimetri yang tinggi. Keunggulan ini memungkinkan perangkat elektronik bisa bertahan selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu.

Sayangnya tidak ada keterangan lebih detail mengenai paten ini. Apakah Apple benar-benar akan mewujudkannya? Tidak diketahui. Mengingat ini baru sebatas paten, sulit untuk menerka kapan teknologi baterai ini terwujud.

Tapi setidaknya, membayangkan bahwa iPhone, iPad atau MacBook kalian bisa tahan hingga berhari-hari hanya dengan sekali isi ulang baterai saja sudah terdengar menyenangkan. Semoga saja Apple segera mewujudkannya.



Simak Video "Kenalin Apple Music TV: Acara Musik 24 Jam Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)