Android 11 Dirilis, Ini Deretan HP yang Mulai Mencicipi

Android 11 Dirilis, Ini Deretan HP yang Mulai Mencicipi

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 09 Sep 2020 08:01 WIB
Android 11
Android 11 resmi dirilis Google. Foto: Google
Jakarta -

Setelah mengumbar versi beta, Google resmi merilis Android 11. Sederet HP dipastikan mulai mencicipi pembaruan ini.

"Android 11 akan mulai diluncurkan hari ini di ponsel Pixel, Oppo, OnePlus, Xiaomi, dan Realme varian tertentu, serta lebih banyak mitra yang akan meluncurkan dalam beberapa bulan mendatang," kata Google dalam blog resminya.

Kendati tersemat fitur baru, Android 11 sendiri tidak membawa perubahan radikal. Google hanya memfokuskan pada bagaimana mempermudah mengelola banyak hal yang sudah dapat dilakukan ponsel pengguna sebelumnya.

Perubahan terbesar ada pada bagaimana Android 11 menangani percakapan. Percakapan di seluruh aplikasi chat dipindahkan ke ruang khusus di bagian notifikasi.

Ini membuat pengguna mudah untuk mengelola percakapan di satu tempat. Pengguna juga dapat memprioritaskan percakapan dari orang-orang terdekat sehingga tidak pernah melewatkan pesan penting.

Terdapat Bubbles yang membuat multitasking pada perangkat makin mudah. Pengguna Android kini dapat menanggapi percakapan penting tanpa harus beralih antara apa yang tengah dibuka dan aplikasi perpesanan.

Android 11Android 11 hadirkan fitur rekam layar. Foto: Google

Android 11 menghadirkan rekaman layar. Sekarang pengguna dapat menangkap dan berbagi apa yang terjadi di ponselnya. Jadi tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Kontrol media telah didesain ulang, Google menempatkannya di notifikasi bikin makin mudah digunakan dari sebelumnya.

Android Auto sekarang bekerja secara nirkabel pada semua ponsel yang menjalankan Android 11. Hanya dengan menekan tombol power, pengguna dapat mengatur beragam perangkat pintarnya yang terhubung.

Google menambahkan sejumlah fitur privasi, salah satunya izin aplikasi. Sekarang lebih mudah untuk memberikan aplikasi dengan izin satu kali untuk mengakses mikrofon, kamera dan lokasi. Ini membantu pengguna memastikan bahwa aplikasi tidak akan memiliki akses terus-menerus ke lokasi, misalnya.

Khusus untuk pengguna Android Enterprise , Android 11 menghadirkan perlindungan data privasi karyawan yang menggunakan beberapa aplikasi pribadi di ponsel kantor. Sehingga data dan aktivitas pribadi terjaga dari tangan departemen TI kantornya.



Simak Video "Google Siap-siap Angkat Kaki dari Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)