Hore! Harga Ponsel 5G Bakal Murah Meriah

IFA 2020

Hore! Harga Ponsel 5G Bakal Murah Meriah

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 04 Sep 2020 16:40 WIB
Ponsel 5G Qualcomm
Ilustrasi ponsel 5G. Foto: The Verge
Jakarta -

Smartphone 5G sejauh ini memang sudah beredar beberapa model, namun harganya masih terhitung mahal bagi warga umum, paling murah di kisaran USD 500. Hal itu mungkin segera jadi kenangan karena Qualcomm baru saja mengumumkan chipset anyar agar nantinya ponsel 5G makin terjangkau.

Dalam perhelatan IFA 2020 Berlin, vendor asal Amerika Serikat ini meluncurkan chip Snapdragon 4 yang sudah 5G ready, sebagai jeroan ponsel 5G murah. Harga smartphone yang memakainya mungkin antara USD 125 sampai USD 250, dan bakal dipasarkan pada kuartal pertama tahun depan.

"Chip ini akan memenuhi janji untuk membuat 5G dapat diakses untuk semua pengguna smartphone," kata Presiden Qualcomm, Cristiano Amon, dalam tayangan video seperti dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (4/9/2020).

Snapdragon 4 selama ini memang menyasar smartphone menengah ke bawah. Dengan pembaharuan 5G, kemungkinan makin banyak yang berbondong membeli smartphone 5G Snapdragon 4, tentunya di negara yang sudah menggelar jaringan 5G.

Selain itu, Qualcomm merilis pula platform 5G untuk laptop, perangkat yang belakangan kian banyak digunakan untuk bekerja dari rumah di tengah pandemi Corona. Menurut Qualcomm, mereka memerlukan koneksi yang cepat dan aman, yang dapat disediakan oleh jaringan 5G.

Menurut Qualcomm, jaringan 5G yang saat ini komersial di sejumlah negara dibangun lebih cepat dari perkiraan. Sekitar 80 operator telah meluncurkan 5G, dengan prediksi 750 juta smartphone 5G akan dikapalkan di 2022. Setahun kemudian, koneksi 5G akan berjumlah 1 miliar.

Sejauh ini, Qualcomm sudah menjalin kesepakatan dengan vendor Motorola, Oppo dan Xiaomi untuk membuat dan memasarkan smartphone 5G yang memakai Snapdragon 4. Untuk laptop, Qualcomm bermitra dengan Acer yang membuat laptop berbasis platform Snapdragon 8cx Gen 2 5G.



Simak Video "Miliarder Mukesh Ambani Gandeng Qualcomm Garap 5G di India"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)